DPD PDIP Jawa Barat Tekankan Lagi Prioritas Pembangunan Berdikari

DPD PDIP Jawa Barat Tekankan Lagi Prioritas Pembangunan Berdikari
Ratusan pengurus dan kader PDIP se-Kota Bogor menyambut Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono di Bogor, Minggu (10/11/2019). ( Foto: Ist )
Heriyanto / HS Senin, 11 November 2019 | 08:25 WIB

Bogor, Beritasatu.com – Seluruh pengurus, anggota legislatif dan jajaran eksekutif, dan kader PDI Perjuangan (PDIP) di Jawa Barat diminta terus mendorong pembangunan yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat. Program yang menjadi prioritas tersebut menjadi bagian dari pembangunan berdikari yang sudah dicanangkan DPD PDIP Jawa Barat.

Demikian disampaikan Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono di depan ratusan kader banteng Kota Bogor, Minggu (10/11/2019). Ono hadir bersama jajarannya sebagai bagian dari road show DPD PDIP Jawa Barat ke semua cabang PDIP di seluruh Jawa Barat.

Dia mendorong agar semua komponen DPIP se-Jawa Barat memperjuangkan politik legislasi, anggaran, dan pengawasan dalam lima bidang prioritas kesejahteraan rakyat. “Komitmen mendampingi dan melakukan advokasi atas kebutuhan masyarakat menjadi prioritas semua pengurus, kader, hingga aggota legislatif dan eksekutif dari PDIP se-Jawa Barat,” tegasnya.

Pada tingkat kebijakan, kata Ono, jajaran legislatif dan eksekutif harus mendorong pola pembangunan berdikari di Jabar. Adapun pembangunan berdikari itu meliputi lima bidang yakni pertama, bidang sandang, pangan, dan papan; kedua, bidang pendidikan dan kesehatan; dan ketiga bidang tenaga kerja dan jaminan sosial. Kemudian keempat, bidang lingkungan hidup, infrastruktur, dan pariwisata; serta kelima bidang agama, kepercayaan, dan kebudayaan.

“Bidang-bidang tersebut harus menjadi prioritas dan diimplementasikan agar menyentuh langsung masyarakat di seluruh Jawa Barat,” ujar Ono .yang juga anggota DPR Komisi IV ini.

Dia menjelaskan bahwa pola pembangunan berdikari merupakan turunan dari program yang dibuat Bung Karno (Presiden Soekarno) yang dikenal dengan Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana. “Ini merupakan konsep dan semua jajaran PDIP harus bisa diterjemahkan ke wilayah masing-masing, mulai dari tingkat yang paling bawah,” jelasnya.

Baca : Benahi Tata Kelola, Komitmen PDIP pada Rakyat Harus Ditingkatkan

Anggota DPR Diah Pitaloka saat didaulat memberikan sambutan menyampaikan, keinginannya agar mesin politik PDIP bisa memperkuat masyarakat. PDIP yang saat ini mempunyai banyak akses dan perwakilan di pemerintahan harus menjadi corong masyarakat dalam meneruskan aspirasi hingga benar-benar terwujud.

“Kita ingin PDIP menjadi corong masyarakat dalam sampaikan aspirasi dan ikut mengawal aspirasi masyarakat. Saya, di DPR sudah menyusun program, dan nantinya saya akan sampaikan program yang saya dampingi,” tuturnya.

Ketua DPC PDIP Kota Bogor Dadang Danubrata menjelaskan jajarannya sudah melakukan konsolidasi dan memulai beberapa pembenahan untuk meningkatkan kinerja partai. Dia juga meresponse perlunya jajaran legislatif dan pengurus partai untuk lebih intens dalam mengawal program-program pemerintah kota Bogor. “Konsolidasi akan lebih ditingkatkan dalam jajaran PDIP Kota Bogor sehingga menjadi lebih dekat dengan masyarakat. Program-program pemerintah akan selalu dikritisi agar tetap memprioritaskan rakyat kecil,” jelasnya.

Salah satu pengurus anak cabang (PAC) PDIP Tanah Sareal, Kota Bogor, menyambut baik penekanan dari DPD PDIP Jawa Barat dan DPC PDIP Kota Bogor. Namun dalam beberapa kesempatan, pihaknya masih kesulitan akses untuk mendapatkan kejelasan atas program-program pada tingkat kelurahan dan kecamatan. Dia berharap jajaran pengurus kelurahan dan kecamatan harus diberikan pemahaman bahwa masyarakat umum, termasuk para pengurus partai politik, berhak mendapatkan informasi tentang program-program untuk kepentingan masyarakat.



Sumber: Suara Pembaruan