Bengkulu Akan Bangun Stadion Sepakbola Bertaraf Internasional

Bengkulu Akan Bangun Stadion Sepakbola Bertaraf Internasional
Ilustrasi Stadion Sepak Bola ( Foto: Istimewa )
Usmin / JAS Selasa, 12 November 2019 | 08:52 WIB

Bengkulu, Beritasatu.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu, telah memprogramkan akan membangun stadion sepakbola berstandar internasional di Kabupaten Bengkulu Tengah, senilai Rp 400 miliar.

"Kita akan membangun stadion sepakbola tertaraf internasional di Bengkulu Tengah pada 2022 mendatang. Sekarang kita mulai mempersiapkan master plan dan desain stadion tersebut," kata Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, di Bengkulu, Senin (11/11/2019).

Ia mengatakan, lokasi pembangunan stadion sepakbola bertarap internasional tersebut, akan disiapkan Pemprov Bengkulu, sekitar wilayah Kabupaten Bengkulu Tengah, karena di daerah ini masih luas lahan kosong.

Dengan demikian, pemda tidak kesulitan untuk mendapatkan lahan untuk lokasi pembangunan stadion sepakbola tersebut. Untuk merealisasikan pembangunan stadion tersebut diperlukan dana sekitar Rp 400 miliar.

"Soal dana tidak menjadi masalah, akan kita anggarkan dari APBD Provinsi Bengkulu. Pembangunan stadion sepakbola ini akan kita lakukan secara bertahap, sehingga pemprov tidak kesulitan menyiapkan dana pembangunan stadion sepakbola bertaraf internasional tersebut," ujarnya.

Gubernur Rohidin mengakui Stadion Semarak yang ada sekarang meski letaknya berada di jantung Kota Bengkulu, tapi bangunannya sudah rtidak representatif lagi, sehingga perlu dibangun stadion sepakbola yang baru di Provinsi Bengkulu.

Pembangunan stadion ini dilakukan Pemprov Bengkulu, guna membangkitkan kembali prestasi sepakbola di daerah ini, yang sempat berjaya di kancah nasional era tahun 1980-an.

Pada tahum 1980-an, katanya, PS Bengkulu sangat dikenal di kancah persepakbolaan di Tanah Air. PS Bengkulu cukup lama bercokol di Divisi Utama Perserikatan. "Kejayaan ini akan kita bangkitkan lagi dengan membangun stadion sepakbola berstandar internasional," ujarnya.

Masyarakat Bengkulu menyambut baik program Pemprov  yang akan membangun stadion sepakbola bertaraf internasional di Bengkulu Tengah.

"Kami sangat mendukung rencana Gubernur Bengkulu, akan membangun stadion sepak bola bertaraf internasional tersebut. Kita berharap dengan adanya stadion baru ini prestasi olahraga sepak ola kita akan meningkat," kata Agustam (35), warga Bengkulu.

Ia mengatakan, dengan adanya stadion sepakbola tertaraf internasional di Bengkulu, maka setidaknya bisa digelar pertandingan Liga 1 di daerah ini, sehingga dapat memotivasi kebangkitan sepak bola di bumi Raflesia ke depan.



Sumber: Suara Pembaruan