Presiden: Daerah Jangan Banyak Terbitkan Perda

Presiden: Daerah Jangan Banyak Terbitkan Perda
Joko Widodo. ( Foto: SP/Joanito De Saojoao )
Carlos KY Paath / MPA Rabu, 13 November 2019 | 17:20 WIB

 

Bogor, Beritasatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta daerah agar tidak banyak mengeluarkan peraturan daerah (perda). Sebab, regulasi di Indonesia sudah sangat banyak. Jokowi pun telah menyampaikan pesan itu kepada DPR.

“Saya titip, ada ketua-ketua DPRD, gubernur, bupati, wali kota, saya sudah pesan ke ketua dan pimpinan DPR. Jangan banyak-banyak membuat perda, jangan membuat banyak-banyak pergub (peraturan gubernur), perbup (peraturan bupati), perwali (peraturan wali kota),” tegas Jokowi.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Indonesia Maju antara Pemerintah Pusat dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019).

“Negara ini sudah kebanyakan peraturan dan negara kita bukan negara peraturan. Semua diatur. Malah kita terjerat sendiri. Hati-hati. Setop. Sedikit-dikit diatur, akhirnya kecepatan dalam bergerak, memutuskan terhadap perubahan-perubahan yang ada menjadi tidak cepat,” ucap Jokowi.

Jokowi menambahkan, setiap negara sangat menginginkan fleksibilitas, kecepatan dalam merespons perkembangan. “Kita kebanyakan peraturan buat apa? Saya tahu buat perda pasti kunker (kunjungan kerja), studi banding, saya ngerti, tapi setop, saya orang lapangan,” imbuh Jokowi.



Sumber: Suara Pembaruan