Bom Bunuh Diri Medan, Tiga Orang Diamankan

Bom Bunuh Diri Medan, Tiga Orang Diamankan
Aparat kepolisian melakukan penggeledahan di kediaman pelaku bom bunuh diri di Medan, Rabu 13 November 2019. ( Foto: dok )
Arnold H Sianturi / YUD Rabu, 13 November 2019 | 19:35 WIB

Medan, Beritasatu.com - Densus Antiteror 88 bekerja sama dengan Polda Sumut dan Polrestabes Medan mengamankan tiga orang terkait kasus ledakan bom bunuh diri di Markas Polrestabes Medan, Sumatera Utara (Sumut), Rabu (13/11/2019).

Ketiga orang itu diamankan polisi dari rangkaian operasi pengembangan proses identifikasi atas pelaku bom bunuh diri, Rabbial Muslim Nasution (RMN). Ketiga orang itu adalah istri dan mertua dari pelaku bom bunuh diri.

"Memang benar, bahwa Dewi bersama kedua orangtuanya, mertua dari Rabbial Muslim Nasution, sudah diboyong polisi. Sampai sore ini, mereka belum dipulangkan," ujar Darmadi Kepling Lingkungan 17, Pasar II Barat, Kecamatan Marelan.

Darmadi mengungkapkan, mertua Rabbial Muslim Nasution yang diboyong polisi bernama Andi Syahputra dan istrinya. Sementara itu, istri pelaku bom bunuh diri adalah Dewi, juga turut dibawa polisi guna menjalani pemeriksaan.

Wakapolda Sumut, Brigjen Pol Mardiaz Khusin Dwihananto menyampaikan, pihaknya masih melakukan pemeriksaan terhadap keluarga pelaku bom bunuh diri tersebut. Polisi belum menetapkan status tersangka terhadap mereka yang diamankan.

"Kasus ini masih dalam penembangan. Kita juga sudah menyebar anggota untuk melakukan pengejaran terhadap kelompok aliran radikal lainnya. Pengamanan juga ditingkatkan pascaledakan bom bunuh diri itu," jelasnya.

Mardiaz mengatakan, pelaku bom bunuh diri menggunakan material bahan peledak yang dirakit bersama dengan lempengan besi bercampur paku. Pelaku bom bunuh diri di Markas Polrestabes Medan itu satu orang.

"Memang ada sejumlah lokasi yang digeledah karena berkaitan dalam kasus ledakan bom bunuh diri itu. Perkembangan terbaru dalam penanganan kasus ini akan kita sampaikan setelah penyelidikan dan penyidikan," sebutnya.



Sumber: Suara Pembaruan