Humbang Hasundutan Muda Berwirausaha bersama Kemenpora

Humbang Hasundutan Muda Berwirausaha bersama Kemenpora
Diselenggarakannya kegiatan Penumbuhan Minat Kewirausahaan di Kalangan Pemuda di Aula Hutamas Hall, Kamis. (14/11) ( Foto: Kemenpora / IST )
Jayanty Nada Shofa / JNS Kamis, 14 November 2019 | 20:32 WIB

HUMBANG HASUDUTAN, Beritasatu.com - Menpora melalui Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda dan Deputi Bidang Pengembangan Pemuda menyelenggarakan kegiatan Penumbuhan Minat Kewirausahaan di Kalangan Pemuda pada Kamis. (14/11)

Berwirausaha adalah sesuatu yang patut dikembangkan terutama di kalangan millenials. Bersama generasi yang identik dengan pemikiran inovatif dan kreatif, acara yang diselenggarakan di Aula Hutamas Hall ini diharapkan dapat menjadi pelopor pengembangan potensi lokal yang turut mengembangkan perekonomian bangsa. Antusiasmenya pun begitu tinggi karena 300 peserta memenuhi venue.

Selama satu hari penuh, para pemuda ini dapat belajar dari narasumber dengan berbagai latar belakang yang fokus pada pengembangan wirausaha muda; baik pelaku wirausaha, akademisi, wirausaha muda sukses maupun pihak Kemenpora.

"Potensi pemuda sangat besar, sehingga mereka harus jadi pelopor. Tidak perlu untuk ke luar daerah untuk mencari pekerjaan. Mereka dapat memanfaatkan potensi daerah mereka sendiri yakni dengan berwirausaha," ujar Asisten Deputi Kemitraan dan Penghargaan Pemuda Wisler Manalu.

Dikarenakan membutuhkan usaha yang besar dan berkesinambungan, RKP dan RPJMN Kemenpora menyatakan program pengembangan kewirausahaan pemuda ini sebagai prioritas nasional. Dengan ini, terdapat koordinasi dan kolaborasi lintas sektor pada implementasinya. Wisler juga menambahkan kini sudah terdapat payung hukum berupa Perpres 66 tentang koordinasi strategis lintas sektor pelayanan kepemudaan.

Kemudian, pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan yang diwakili oleh Asda III Bidang Administrasi dan Kesra Janter Sinaga juga turut berterima kasih kepada Menpora atas pemilihan kabupaten ini sebagai lokasi penumbuhan minat wirausaha.

Pemilihan ini dikarenakan Humbang Hasundutan telah ditetapkan sebagai tujuh daerah prioritas dalam pengembangan destinasi wisata. Untuk semakin mendongkrak perekonomian Humbang Hasundutan, para pemuda diharapkan dapat menjadi lebih kreatif berwirausaha seperti melalui bisnis desa wisata.

Adapun pelatihan kewirausahaan ini adalah kerja sama antara Menpora dengan beberapa kementerian lainnya dan Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan. Prosesi pembukaan juga turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Humbang Hasundutan, serta pejabat eselon III dan IV dari Kemenpora dan Kementerian Koperasi UMKM.



Sumber: BeritaSatu.com