Gelar IIBS 2019, ITS Tampilkan Sejumlah Produk Unggulan

Gelar IIBS 2019, ITS Tampilkan Sejumlah Produk Unggulan
Menteri ESDM Arifin Tasrif dan Rektor ITS Prof. Dr. Ir. Mochamad Ashari, M. Eng meninjau salah satu stand pada pameran (exhibition) produk mahasiswa/i serta mitra ITS yang digelar di Ballroom Hotel Shangrila Jakarta. ( Foto: dok )
Yudo Dahono / YUD Jumat, 15 November 2019 | 16:56 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Dies natalis Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya yang ke-59, ITS kembali menggelar International ITS Business Summit (IIBS) 2019 yang dipusatkan di Hotel Shangrila, Jakarta.

"IIBS merupakan acara yang digelar secara rutin setiap tahunnya. IIBS digelar bersamaan dengan penyelenggaraan dies natalis atau HUT ITS yang jatuh setiap tanggal 10 November setiap tahunnya," kata Rektor ITS Mochamad Ashari melalui keterangan, Jumat (15/11/2019).

IIBS 2019 diselenggarakan selama 3 hari mulai 14 hingga 16 November 2019 dimana semua kegiatannya baik seminar, pameran dan kongres dipusatkan di ballroom Hotel Shangrila Jakarta. Untuk lebih memperkenalkan ITS pada masyarakat maupun dalam lingkup yang lebih luas di ajang internasional, IIBS juga menggelar pameran (exhibition).

Dalam IIBS 2019, untuk memperkenalkan ITS maupun berbagai produk yang dihasilkan oleh para mahasiswa/i maupun mitra ITS itu sendiri, ITS lanjut Mochamad Ashari menggelar tiga acara sekaligus berupa seminar, exhibition (pameran) serta kongres.

Khusus untuk acara seminar dalam IIBS 2019 adapun tema seminar yang akan dibahas adalah mengenai kebijakan baru pemerintah terkait energi terbarukan dan sektor industri menuju pembangunan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Guna mendukung seminar berjalan baik dan menghasilkan hasil-hasil seminar yang berbobot, dalam IIBS 2019, ITS mengundang sejumlah pembicara bertaraf internasional. Pembicara yang hadir seperti Managing Executive Officer Senior Vice President Asia Projects for Inpex Corporation Kenji Kawano serta Chief Operating Officer Economic Research Institute for ASEAN and East Asia (ERIA) Koji Hachiyama.

Sejumlah pembicara ternama lainnya juga hadir untuk mengisi jalannya seminar IIBS 2019 diantaranya adalah Foreign Service Officer, US Department of State Peter Lohman, Emeritus Professor Curtin University Prof. Chemmagot V Nayar, Power System Simulation Laboratory EE Department ITS Prof. Dr. Ontoseno Panangsang, Manager Power Systems of the Future ABB Power Grids Business Dr. Alexandre Oudalov serta sejumlah pembicara lainnya.

"Adapun produk yang dipamerkan dari hasil penelitian dan uji coba para mahasiswa/i serta para mitra meliputi prototipe mobil listrik, sepeda motor gesit yang mulai dikomersilkan, drone serta berbagai produk lainnya," imbuh Rektor ITS Mochamad Ashari.

Menteri ESDM Arifin Tasrif sempat mengunjungi IIBS 2019 dan meninjau beberapa stand yang ada dalam pameran tersebut. Saat melihat prototipe mobil listrik, Arifin Tasrif sempat berkomentar agar para mahasiswa/i ITS terus bersemangat dalam berkreasi dan dapat menciptakan produk-produk unggulan yang bermanfaat bagi orang banyak.

 



Sumber: BeritaSatu.com