23 Terduga Teroris Jadi Tersangka Terkait Bom Medan

23 Terduga Teroris Jadi Tersangka Terkait Bom Medan
Kapolda Sumatera Utara Irjen Agus Andrianto. ( Foto: Beritasatu Photo )
Arnold H Sianturi / CAH Senin, 18 November 2019 | 12:25 WIB

 

Medan, Beritasatu.com - Polda Sumut bersama Densus 88 Antiteror Mabes Polri sudah menetapkan 23 orang terduga teroris sebagai tersangka. Jumlah itu kemungkinan bertambah mengingat pengajaran atas kelompok radikal itu masih dilakukan.

"Mereka sudah mempersiapkan diri untuk melakukan teror. Jaringan ini berlatih di sebuah tempat di Tanah Karo. Penanganan kasus ini masih terus dikembangkan lagi," ujar Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andrianto, Senin (18/11/2019).

Agus mengungkapkan, pihaknya masih melakukan pemeriksaan untuk mendalami keterkaitan kelompok lainnya. Seluruh terduga teroris yang diamankan itu berkaitan dengan ledakan bom bunuh diri oleh Rabbial Muslim Nasution di Markas Polrestabes Medan.

Baca JugaDensus 88 Sisir Persembunyian Teroris

"Barang bukti yang disita berupa senjata rakitan, senjata tajam, bahan peledak, senapan angin maupun lainnya," ujar Agus. Namun, Agus tidak merinci lokasi pelatihan kelompok terduga teroris itu. Beredar informasi, pelatihan itu di tengah hutan di Gunung Sinabung.

Baca JugaTeroris di Sumut Berlatih di Tanah Karo

Menurut mantan Wakapolda Sumut ini, para pelaku aksi terorisme ini bisa melakukan aksinya kemana saja dengan sasaran siapa pun juga.

"Bisa tempat ibadah orang muslim, tempat agama lain, fasilitas umum, dan pemerintah. Ini menjadi trik untuk menyatakan mereka ‎ada disini," sebutnya. 



Sumber: Suara Pembaruan