Polisi Perairan Jambi Tingkatkan Pengamanan Pantai Timur

Polisi Perairan Jambi Tingkatkan Pengamanan Pantai Timur
Ilustrasi polisi. ( Foto: Istimewa )
Radesman Saragih / JEM Rabu, 20 November 2019 | 14:06 WIB

Jambi, Beritasatu.com - Direktorat Polisi Perairan (Ditpolair) Polda Jambi diharapkan terus meningkatkan kinerja untuk mencegah meningkatnya tindak kejahatan di wilayah perairan pantai timur Provinsi Jambi. Seluruh armada kapal dan personil harus dimanfaatkan Satpolair Polda Jambi melakukan patroli secara intensif guna mempersempit ruang gerak para pelaku kejahatan di perairan daerah itu.

Harapan tersebut disampaikan Kapolda Jambi, Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Muchlis AS ketika meresmikan penggunaan tiga unit kapal patroli baru Ditpolair Polda Jambi di Markas Unit Komando (Mako) Ditpolair Polda Jambi, Sungai Batanghari, Kasang, Kota Jambi, Selasa (19/11/2019). Tiga unit kapal patroli baru Ditpolair Polda Jambi tersebut bantuan Korpolairud Baharkam Polri.

Ketiga kapal patroli baru Ditpolair Polda Jambi tersebut, yakni kapal Pemburu XXVI - 2012 dengan kapasitas tangki 3.000 liter dan kecepatan 42 knot. Kemudian Kapal R.I.B Intercept and Equipment kapasitas atangki 1.800 liter dan berat 2.200 kilogram (Kg) dengan kecepatan 20 knot dan kapal Ship Tender dengan kecepatan 42 knot.

Menurut Muchlis AS, selain untuk meningkatkan tugas kesatuan dalam pengamanan perairan Jambi, ketersediaan fasilitas kapal patroli baru Ditpolair Polda Jambi juga bisa digunakan membantu masyarakat, khususnya korban banjir. Kapal patroli tersebut bisa dimanfaatkan untuk penyaluran bantuan logistik dan evakuasi korban banjir.

Selain itu, lanjut Muchlis AS, kapal patroli tersebut juga nantinya dapat digunakan untuk memberikan layanan kepada masyarakat Jambi, khususnya masyarakat yang berada di jalur perairan Jambi dan Sungai Batanghari.

“Melalui penambahan kapal patroli ini, Ditpolair Polda Jambi diharapkan mampu meningkatkan pelayanan. Kapal patroli ini harus digunakan semaksimal mungkin meningkatkan kinerja pengawasan di wilayah perairan Provinsi Jambi dan membantu masyarakat,”ujarnya.

Sementara itu, Direktur Polisi Perairan (Ditpolair) Polda Jambi, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Arif Budiman Winov mengatakan, Ditpolair Polda Jambi kini memiliki 18 unit kapal patroli. Kapal patroli tersebut ditempatkan pada beberapa wilayah perairan di Provinsi Jambi. Selama ni kapal patroli tersebut tidak hanya digunakan untuk untuk kepentingan tugas polisi perairan, tetapi juga memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kelengkapan sarana kapal patroli Ditpolair Polda Jambi saat ini sudah mencukupi. Namun Ditpolair masih kekurangan 20 orang personil untuk anak buah kapal patroli. Penambahan personil Ditpolair Polda Jambi tersebut sudah kami usulkan ke Mabes Polri,”katanya.



Sumber: Suara Pembaruan