Buntut Ceramah UAS, Pegawai KPK Bakal Diperiksa

Buntut Ceramah UAS, Pegawai KPK Bakal Diperiksa
Agus Rahardjo. ( Foto: Antara )
Fana Suparman / YUD Rabu, 20 November 2019 | 17:47 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut bakal memeriksa pegawai Lembaga Antikorupsi yang mengundang Ustaz Abdul Somad untuk mengisi ceramah pada Selasa (19/11/2019) kemarin. Hal ini lantaran pegawai tersebut bersikukuh mengundang ustaz yang akrab disapa UAS itu meski telah dicegah pimpinan KPK.

"Ya itu nanti kepada pegawainya kami periksa," kata Agus Rahardjo di Gedung MK, Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Baca juga: Agus Rahardjo Ungkap Sempat Cegah UAS Ceramah di KPK

Agus menyatakan, kehadiran UAS, untuk mengisi kajian Zuhur di Gedung KPK bukanlah undangan resmi dari Lembaga Antikorupsi. UAS, kata Agus hadir mengisi ceramah atas undangan sekelompok pegawai yang disebutnya sebagai Badan Amal Islam KPK (BAIK)

"Bukan (WP KPK), ada sekolompok. Di KPK ada organisasi BAIK," kata Agus.

Baca juga: Ceramah Abdul Somad Penuhi Delik Penistaan Agama

Agus mengatakan, pimpinan KPK sempat mencegah dan meminta pegawai mengurungkan rencananya menghadirkan UAS. Pencegahan tersebut bukan terkait kapasitas ilmu UAS, melainkan lantaran adanya kontroversi yang menyertai UAS beberapa waktu lalu. Agus beralasan hal ini untuk menjaga KPK tak dinilai berafiliasi dengan kelompok tertentu.

Baca juga: Abdul Somad Penuhi Panggilan MUI

"Bukan mencegah kapasitas UAS, tapi kan di beberapa waktu lalu pernah ada kontroversi ya mengenai beliau. Kami mengharap kalau yang khotbah di KPK itu orang yang inklusif orang yang tidak berpihak pada aliran tertentu. Harapan kita semuanya begitu," kata Agus.



Sumber: Suara Pembaruan