Tingkatkan Standar Pelayanan Wisatawan, BCA Yogya Latih Pemandu Wisata Goa Pindul

Tingkatkan Standar Pelayanan Wisatawan, BCA Yogya Latih Pemandu Wisata Goa Pindul
Sebanyak 26 pemandu wisata Goa Pindul Gunungkidul,DIY, mendapatkan pelatihan Refreshment Standar Layanan dari PT Bank Central Asia (BCA) Tbk Yogyakarta,Kamis, 21 November 2019. (Foto: Istimewa)
Fuska Sani Evani / JEM Jumat, 22 November 2019 | 15:26 WIB

Yogyakarta, Beritasatu.com - PT Bank Central Asia (BCA) Tbk program Solusi Bisnis Unggul menggelar pelatihan tentang Refreshment Standar Layanan Bagi Pemandu Wisata Wirawista Goa Pindul di Yogyakarta.

Pemimpin KCU BCA Yogyakarta Anggardini Swadari mengatakan, pelatihan ini diberikan kepada para 26 pemandu wisata selama dua hari berturut-turut yakni 20 hingga 21 November 2019, di Eastparc Hotel, Yogyakarta.

“Kami menyadari bahwa sebuah pelatihan sudah selayaknya dilakukan sebagai bahan refreshment bahkan sebagai bahan wawasan dan pengetahuan baru bagi para pengurus Desa Wisata Binaan BCA, salah satunya bagi pengurus Desa Wisata di Yogyakarta. Melalui inisiatif ini, BCA berharap agar 26 peserta ini memiliki standar dalam memberikan pelayanan baik ke wisatawan lokal maupun mancanegara,” papar Anggardini.

Pelatihan standar layanan ini diselenggarakan dengan tujuan agar para pengurus Desa Wisata Binaan BCA dapat memahami peran dan tanggung jawab setiap orang dalam memperkuat rantai layanan yang dapat mendukung kepuasan pelanggan dan keberhasilan desa serta meningkatkan komitmen serta konsistensi dalam menjadi pemandu wisata.

Pelatihan ini juga sekaligus dilaksanakan dalam rangka partisipasi BCA dalam fungsi tanggung jawab sosialnya untuk turut serta mengembangkan bisnis di lingkungan komunitas maupun desa wisata yang dapat berkontribusi memakmurkan masyarakat daerah.

“Sebagai institusi yang berdiri kokoh karena didukung oleh sumber daya manusia di dalamnya, maka BCA menyadari bahwa kekuatan sumber daya manusia adalah aset utama. Oleh sebab itu, kami tergerak dan berupaya keras untuk menumbuhkembangkan Desa Wisata Binaan BCA melalui kualitas sumber daya manusia yang ada demi memajukan desa wisata itu sendiri. Lebih dari itu, kami meyakini bahwa dengan terjaminnya kualitas sumber daya manusia (SDM), maka pariwisata daerah di Yogyakarta akan lebih dikenal dan akhirnya menjadi daerah yang layak diakui hingga ke mancanegara,” tutup Anggardini.

Melalui Solusi Bisnis Unggul, CSR Bakti BCA memfasilitasi kegiatan pengembangan SDM Komunitas Wirawisata Goa Pindul dengan pelatihan Refreshment Standar Layanan, Pelatihan Layanan Prima, Pelatihan Digital Marketing , Donasi pembangunan pendopo, Donasi pembuatan area outbond, Donasi pemberian gamelan, donasi pembangunan sekolah PAUD, perlengkapan tubing, life jacket, toilet, juga musala. 



Sumber: Suara Pembaruan