UPH Medan Buka Pusat Belajar Jarak Jauh Bidang Studi Ilmu Komunikasi

UPH Medan Buka Pusat Belajar Jarak Jauh Bidang Studi Ilmu Komunikasi
Kepala Prodi Pusat Belajar Jarak Jauh (PBJJ) Ilmu Komunikasi Universitas Pelita Harapan (UPH) Lippo Village, Stella Stefani (tengah), saat meresmikan pusat belajar jarak jauh di UPH Kampus Medan, Sabtu, 23 November 2019. ( Foto: Suara Pembaruan / Arnold Sianturi )
Arnold H Sianturi / JEM Selasa, 26 November 2019 | 07:35 WIB

Medan, Beritastu.com - Dalam upaya mewujudkan pemerataan pendidikan tinggi di Indonesia, Universitas Pelita Harapan (UPH) meresmikan Pusat Belajar Jarak Jauh (PBJJ) Program Studi Ilmu Komunikasi (terakreditasi) di UPH Kampus Medan, Sumatera Utara (Sumut).  Pembelajaran jarak jauh ini diselenggarakan untuk memperluas akses bagi masyarakat Indonesia yang ingin menempuh pendidikan Strata 1 (S1) namun tidak bisa mengikuti pendidikan dengan baik karena dibatasi oleh jarak dan waktu.

Peresmian PBJJ UPH Kampus Medan ini diharapkan dapat memfasilitasi masyarakat Sumatera Utara dan sekitarnya yang tidak dapat mengikuti proses perkuliahan tatap muka seperti pada umumnya karena keterbatasan akses dan sumber daya di tempat asal mereka. Program studi baru itu diresmikan, Sabtu (23/11/2019).

Kepala Prodi PBJJ Ilmu Komunikasi UPH Lippo Village, Stella Stefani melalui siaran persnya yang diterima Suara Pembaruan, Senin (25/11/2019), mengatakan Program Pendidikan Jarak Jauh tersebut menawarkan fleksibilitas yang tinggi bagi setiap mahasiswa untuk mengatur waktu belajar mereka dengan basis Learning Management System (LMS) sebagai pengganti kelas tatap muka.

"Dengan fleksibilitas tinggi yang ditawarkan, UPH juga berkomitmen dalam menjaga kualitas pembelajaran melalui standarisasi materi ajar yang terpusat dan dikelola oleh kampus utama (UPH Lippo Village). Materi ajar yang digunakan, dikembangkan oleh tenaga pendidik yang kompeten, kredibel dengan basis infrastruktur dan teknologi yang tinggi," ujar Stella Stefani.

Ditambahkan, dalam program terbaru dari UPH ini memberikan perkuliahan secara online dengan target akan menghasilkan lulusan S1 untuk bidang studi ilmu komunikasi (SIKom.) yang kompeten dan profesional untuk siap bersaing di era industri dalam waktu 4 tahun perkuliahan dengan biaya yang relatif terjangkau.

Program ini, kata Stella Stefani, merupakan bentuk dukungan UPH terhadap Rencana Kerja Pemerintah (RKP) pada tahun 2020 yaitu menyiapkan sumber daya manusia berkualitas dengan implementasi yang diterapkan adalah Pendidikan Jarak Jauh (Distance Learning) guna menjangkau anak didik di daerah 3T (tertinggal, terdepan, terluar).

"Sekaligus mengantisipasi kemajuan teknologi 5G sehingga dianggap perlu untuk mengadakan reformasi teknologi di bidang pendidikan tinggi," demikian Stella Stefani.



Sumber: Suara Pembaruan