Cara Unik Anggota MPR Sosialisaikan Empat Pilar

Cara Unik Anggota MPR Sosialisaikan Empat Pilar
Ilustrasi Pancasila (Foto: istimewa / istimewa)
Carlos KY Paath / YS Rabu, 27 November 2019 | 15:13 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Sosialisasi Empat Pilar MPR yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika merupakan tugas wajib anggota MPR.

Para anggota MPR perlu mengoptimalkan sosialisasi tersebut kepada masyarakat atau konstituen di daerah pemilihan (dapil) masing-masing.

Anggota MPR dari Fraksi Partai Demokrat Irwan memilih metode yang unik dalam melakukan sosialisasi. Irwan menyasar masyarakat menengah ke bawah di perkampungan Kelurahan Sepinggan Raya, Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa (26/11/2019).

“Saatnya sosialisasi Empat Pilar langsung di tengah-tengah masyarakat, terutama permukiman menengah ke bawah,” demikian Irwan yang juga anggota DPR dari Dapil Kaltim dalam keterangan seperti diterima Beritasatu, Rabu (27/11/2019).

Irwan berharap masyarakat menengah ke bawah dapat memahami fundamental bernegara yang baik dan benar. Sebab, menurut Irwan, masyarakat kecil dan miskin justru sangat rentan dijadikan pintu masuk ideologi yang dapat mengancam keutuhan bangsa.

“Sosialisasi Empat Pilar jangan terlalu banyak di ruang ber-AC (pendingin udara) atau gedung mewah tapi langsung di tengah-tengah rakyat. Mereka lah objek yang seharusnya menjadi fokus Empat Pilar, termasuk implementasi kebijakan prorakyat dan ekonomi gotong royong,” tegas Irwan.

Irwan menyatakan, pilar kebangsaan yang kokoh dan tegak itu justru ada pada kesejahteraan masyarakat.

“Masyarakat yang sejahtera adalah fondasi pilar-pilar kebangsaan agar tetap berdiri kokoh dan tegak selamanya,” ucap Irwan.



Sumber: Suara Pembaruan