REI Gandeng BTN Fasilitasi Pembiayaan dan KPR

REI Gandeng BTN Fasilitasi Pembiayaan dan KPR
Pembangunan rumah bersubsidi. ( Foto: Antara )
Imam Muzakir / JAS Rabu, 27 November 2019 | 22:42 WIB

Jakarta, Beritasatu.com -Sekitar 20 pengembang anggota Real Estate Indonesia (REI) menandatangani perjanjian kerja sama untuk penyediaan pembiayaan dan penyediaan kredit pemilikan rumah dan apartemen (KPR/KPA) bagi para pengembang.

Penandatanganan dilakukan Executive Vice President Bank BTN, Suryanti Agustinar dengan 20 direksi perusahaan pengembang anggota REI, yang disaksikan Ketua Umum DPP REI Soelaeman Soemawinata dan Plt Sekretaris Jenderal DPP REI Rahmad Yadi, usai pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) REI ke-XVI di Hotel Intercontinental Pondok Indah, Jakarta, Rabu (27/11).

Suryanti Agustinar mengatakan, kerja sama dengan 20 pengembang ini, dalam rangka sinergi dan mendorong agar sektor properti kembali tumbuh dan begitu juga dengan kredit KPR BTN ikut tumbuh.

Perjanjian kerja sama tersebut menyebutkan BTN akan mendukung pembiayaan kredit pemilikan apartemen (KPA) atau kredit pemilikan rumah (KPR) dari produk yang dibangun pengembang anggota REI. Sedangkan pengembang anggota REI sepakat untuk menggunakan jasa Bank BTN dalam memenuhi pembiayaan KPA dan KPR-nya.

“Sebenarnya kerja sama ini sudah lama terjalin dan sekarang ini untuk memperkuat lagi. Tentu BTN siap bekerja sama baik untuk pembiayaan, KPR/KPA, termasuk pembiayaan kredit kontruksi bagi pengembang,” kata Yanti, sapaan akrab dari Suryanti.

Ke-20 pengembang anggota REI yang menjalin kerja sama dengan BTN tersebut antara lain PT Elang Indonesia Sejahtera (Kepri), PT Keyzana Putra Mandiri (Sumbar), PT IMB Group, PT Ilma Mitra Sejahtera (Sulsel), PT Mandala Liguna Sakti (Banten), PT Megatama Propindo (Sulsel), PT Beta Goldland (Banten), PT Ciputra Residence (Banten), PT Rahyu Sinergi (Riau), PT Bumi Mapanget Asri (Sulut), PT Joas Triputra Jaya (Sulut), PT Ajisaka (Jateng) dan PT Graha Rayhan Tri Putra (DKI).

Kemudian PT Alam Sutera Realty Tbk (DKI), PT Prima Jaringan (Eureka Group) DKI, PT Ciputra, PT Metropolitan Land Tbk (DKI), PT Triniti Dinamik (Banten), PT Gapura Prima (DKI), PT Sentul City Tbk (DkI)

“Sebagai mitra sejak lama, Bank BTN senantiasa siap untuk men-support kebutuhan bisnis pengembang anggota REI termasuk menyediakan KPA dan KPR untuk konsumen," kata Suryanti Agustinar.

Ditambahkannya, kerja sama ini diharapkan dapat membantu pengembang anggota REI khususnya dalam pembiayaan perumahan. REI berharap kerja sama ini bisa terus dilakukan untuk lebih banyak pengembang.

“Karena BTN sendiri juga menyiapkan asuransi bagi pengembang bila terjadi sesuatu atas proyeknya, kemudian suku bunga yang terjangkau hanya 6,43 persen,” ujarnya.

Wakil Ketua Umum DPP REI Bidang Perbankan dan Pembiayaan Umar Husin mengatakan, kerja sama dengan BTN ini diharapkan para pengembang lebih banyak lagi membangun proyek proyek propertinya, terutama hunian bagi masyarakat.

Karena dari 5.200 anggota REI tersebut 85 persen anggotanya adalah pengembang yang membangun rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). “REI ini organisasi developer terbesar dan tertua di Indonesia dan mayoritas anggotanya adalah membangun rumah MBR,” kata dia.

Karena itu dengan adanya kerja sama dengan BTN ini diharapkan bisa menyuplai rumah bagi masyarakat yang saat ini backlog masih cukup besar. Karena BTN akan memproses penyaluran dananya lebih cepat dan suku bunga yang cukup kompetitif, katanya.



Sumber: Investor Daily