Sekolah SPK Pribadi Bandung Bantu Siswa Kenali Bakat Sejak Dini
Logo BeritaSatu

Sekolah SPK Pribadi Bandung Bantu Siswa Kenali Bakat Sejak Dini

Kamis, 28 November 2019 | 10:32 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / RSAT

Bandung, Beritasatu.com - Kepala Sekolah SMP Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK) Pribadi Bandung Muhammad Budiawan mengatakan, pada dasarnya tujuan belajar tidak boleh dibatasi hanya sekadar untuk menghafal rumus dan teori yang diberikan oleh guru di depan kelas. Pasalnya, menghafal merupakan kognitif terendah dalam pembelajaran.

Oleh karena itu, SPK Pribadi Billingual atau Pribadi Bandung ini mencoba menjadikan tangga bagi siswa, dengan pembelajaran terpusat pada siswa atau student center, sedangkan tugas sekolah menjadi rumah untuk menemukan bakat dan minat peserta didik, sebagai modal mereka menghadapi jenjang kehidupan selanjutnya.

“Selain proses belajar mengajar akademis, sekolah juga memiliki tanggungjawab untuk membantu para siswa menemukan dan mengembangkan bakatnya. Karena pendidikan ini prestasi tidak melulu soal sains dan akademis. Pengembangan bakat bidang seni juga dapat membuahkan prestasi yang membanggakan bagi sang anak,” ujar Budiawan kepada Forum Wartawan Pendidikan pada kegiatan Pribadi Festival 2019 yang bertemakan: Bersatu Menjadi Pribadi yang Berprestasi di Sekolah SPK Pribadi Billingual Boarding School, Bandung, Jawa Barat akhir pekan lalu.

Dijelaskan dalam metode pembelajaran, siswa diberi tugas terlebih dahulu dengan membebaskan siswa mencari informasi lewat media apa saja lalu dibahas di kelas bersama-sama. Menurut Budiawan, mengurangi intervensi guru agar siswa dapat menemukan permasalahan apa yang sedang dipelajari.

Budiawan juga menyebutkan, selain kebebasan dalam kelas, sekolah juga mendorong dan mewadahi bagi siswa yang menyukai sains untuk melakukan peneltiian guna dapat mengembangkan bakatnya dengan kondisi lingkungan sekitar, mulai dari masalah kebakaran hutan, sampah, hingga pencemaran udara.

Budiawan mengklaim program ini cukup berhasil. Pasalnya, para siswa menemukan sejumlah inovasi dengan memecahkan masalah dengan memanfaatkan benda-benda yang mudah ditemui di lingkungan sekitar.

Budiawan juga menuturkan, sekolah juga memberi kesempatan bagi siswa untuk mengikuti berbagai olimpiade agar siswa termotivasi untuk konsisten belajar, pantang menyerah, dan menghargai kompetisi yang sportif. “Kami mendorong science project competition yang berasal dari masalah, misal kebakaran hutan, sampah, dan lain-lain, lalu anak-anak mencari tahu dan mencoba membuat inovasi,” terangnya.

Memberi siswa kesempatan mengasah bakat masing-masing agar siswa memiliki kompetensi yang dibutuhkan pada abad 21 yakni menerapkan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation). ”Ini diharapkan agar siswa setelah lulus tidak hanya hafal tetapi dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari hari,”ujarnya.

Budiawan menambahkan, selain bidang sains dan matematika, pihaknya juga menyediakan ruang bagi anak-anak yang menyenangi seni dan budaya. Ada pun harapannya agar siswa dapat menemukan bakatnya secara alami.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Sekolah SMA SPK Pribadi Bandung, Rahmat Hidayat menyebut selain pengetahuan umum, para siswa juga dibekali pemahaman keagamaan. Hal tersebut bertujuan mengenalkan siswa dengan pribadi panutan, juga untuk menangkal bibit radikalisme di lingkungan sekolah. "Semua siswa ada guru agamanya masing-masing. Di asrama ada azan, dan setiap Minggu siswa Katolik dan Kristen ada pembina yang mengarahkan mereka ke gereja. Sebab mereka berasal dari seluruh Indonesia," kata Rahmat.

Rahmat menyebutkan, ada tiga pilar utama yang menjadi kunci agar para peserta didik tidak terjun dalam doktrin-doktrin kekerasan."Kami membangun tiga pilar, pertama Allah, kedua Bangsa, dan ketiga Perdamaian. Karena tiga pilar itu, maka otomatis jauh dari doktrin kekerasan," ujarnya.



Sumber: Suara Pembaruan


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Komisi III: Dewan Pengawas Hadir untuk Selaraskan Kinerja KPK

Keberadaan dewan pengawas tidak akan mengganggu independensi KPK, karena mereka merupakan bagian internal dari kelembagaan KPK.

NASIONAL | 28 November 2019

KPK Geledah Rumah Bupati Lingga Terkait Korupsi Penerbitan IUP di Kotim

Dua perusahaan tersebut diduga mendapat IUP dari Supian Hadi selaku Bupati Kotawaringin Timur secara melawan hukum.

NASIONAL | 28 November 2019

Dugaan Plagiat, Rektor Unnes Diperiksa Senat Akademik UGM

Tim mengklarifikasi aduan yang diterima dari masyarakat, atas kecurigaan kesamaan disertasi milik Fathur dengan skripsi mahasiswa yang dibimbingnya.

NASIONAL | 28 November 2019

Jalur Jalan Lintas Selatan DIY Tersambung pada 2021

JJLS merupakan jalur trans selatan Jawa yang melajur dari Jawa Barat hingga Jawa Timur dengan total panjang jalan 121,83 kilometer.

NASIONAL | 28 November 2019

BPBD Kota Bengkulu Pasang Sejumlah Rambu Bencana Alam di Pantai Panjang

Wali Kota Bengkulu, Helmi Hasan mengatakan, pemasangan rambu bencana ini merupakan bagian kesiapan pemkot dalam mengantisipasi terjadinya bencana alam.

NASIONAL | 28 November 2019

Pertahankan Single Bar, Otto Hasibuan Diminta Pimpim Peradi Lagi

Otto akan mempertimbangkan untuk menjadi ketua umum lagi jika memang diminta oleh mayoritas anggota Peradi.

NASIONAL | 28 November 2019

Setia pada ISIS, Teroris Medan Tidak Menyesal

Teror bom bunuh diri untuk menunjukkan eksistensi kepada Abu Ibrahim Al Hashimi Al Quraishi, pemimpin baru ISIS pengganti Abu Bakar al-Baghdadi.

NASIONAL | 28 November 2019

Panglima TNI Pantau Kesiapan Sarana Setelah Kerusuhan Wamena

Panglima TNI juga melakukan komunikasi sosial dengan masyarakat dan bertatap muka dengan para prajurit yang ada di perbatasan.

NASIONAL | 28 November 2019

Hari Ini, KPK Sampaikan Memori Kasasi Bebasnya Sofyan Basir ke MA

Selain itu, Jaksa KPK juga membeberkan fakta-fakta yang muncul di persidangan yang memperkuat peran dan keterlibatan Sofyan Basir.

NASIONAL | 28 November 2019

Panglima TNI Tinjau Baksos Kesehatan di Perbatasa RI-PNG

Baksos kesehatan juga untuk mendata pertumbuhan anak-anak agar terhindar dari masalah stunting.

NASIONAL | 28 November 2019


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS