Mensos Beri Apresiasi untuk Suara Pembaruan
Logo BeritaSatu

Mensos Beri Apresiasi untuk Suara Pembaruan

Kamis, 28 November 2019 | 10:42 WIB
Oleh : Dina Fitri Anisa / RSAT

Makassar, Beritasatu.com – Menteri Sosial Julari P Batubara mengatakan Program Keluarga Harapan (PKH) yang merupakan salah satu program unggulan Kementerian Sosial (Kemsos), yang juga merupakan program nasional telah terbukti berkontribusi dalam pengentasan kemiskinan.

Hal ini tentunya tak lepas dari peran sumber daya manusia (SDM) PKH. Mereka adalah pejuang bangsa, ujung tombak program pengentasan kemiskinan. “Tanpa kalian program Kemsos tidak akan berarti apa-apa,” ujar Mensos Julari Batubara saat memberikan sambutan dalam acara Appreciation Day 2019 di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (27/11/2019) malam.

Disebutkan penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas kinerja dan dedikasi sumber daya manusia (SDM) serta lembaga dalam mendukung transformasi PKH. Kegiatan PKH Appreciation Day 2019 yang telah berlangsung dua kali ini diharapakan bisa rutin terlaksana setiap tahunnya. Salah satu harapannya agar ajang ini dapat memberikan motivasi kepada seluruh pelaku di seluruh Indonesia.

Dikatakan SDM PKH adalah pelaksana PKH di bawah koordinasi Kementerian Sosial terdiri dari Pendamping PKH, Aplikator Pangkalan Data (APD) tingkat kabupaten/kota/provinsi, Koordinator Kota/Kabupaten, Kordinator Wilayah, dan Koordinator Regional. Saat ini jumlah keseluruhan SDM PKH sebanyak 38 ribu orang, tersebar di seluruh Indonesia.

Mensos menjelaskan kebijakan Program Bantuan Sosial ke depan akan terus didorong untuk memperkuat pemberdayaan. SDM PKH memiliki peran besar dalam mendorong pemberdayaan menjadi gerakan sosial untuk mempercepat penerima manfaat berdaya dan mandiri secara sosial ekonomi.

Terdapat dua katagori penghargaan yang diberikan yakni Katagori SDM Pelaksana PKH dan Katagori Stakeholder. Katagori SDM PKH terdiri dari Pendamping Terbaik, Administrator Pangkalan Data Terbaik, Supervisor Terbaik, Koordinator Kabupaten/Kota Terbaik, Koordinator Wilayah Terbaik, Koordinator Regional Terbaik. Duta SDM PKH, KPM Graduasi Terbaik, Anak Berprestasi.

Katagori Mitra Kerja PKH terdiri dari kementerian/lembaga, pemprov/pemkab/pemkot dengan graduasi terbanyak, Himbara, NGO, media massa, provinsi pelaksana PKH Terbaik, kabupaten/kota pelaksana PKH terbaik.

Penghargaan mitra kerja Kemensos diberikan kepada Harian Suara Pembaruan, TVRI, RRI, Kantor Berita Antara, Pemda Direktorat Sistem Informasi dan Teknologi Perbendaharaan Kementerian Keuangan, Lembaga Penelitian SMERU, Worldbank, Microsave Indonesia, Inke Maris and Associate, Bank Mandiri, BNI, Bank Tabungan Negara, dan Bank Rakyat Indonesia.

"Saya ucapkan selamat kepada pemerintah provinsi dan kabupaten/kota yang telah berhasil menggraduasi KPM PKH. SDM PKH yang menunjukan kinerja prositif, dan mitra kerja yang berperan aktif untuk kemajuan program," kata Mensos.

Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial, Harry Hikmat, mengakatakan, Apretiation Day 2019 ini juga mengekspos kinerja dan penjurian. Adapun beberapa kategori penilaian yang akan diberikan penghargaan meliputi inisiatif pendamping PKH dalam melakukan pendampingan, kompetensi aplikator dalam pengolahan data, hingga fungsi koordinasi masing-masing koordinator, baik di level kabupaten, kota, provinsi, bahkan regional.

"Kunci dalam penjurian dan yang dipastikan akan mendapatkan apresiasi adalah mereka yang betul-betul secara serius telah berhasil menunjukkan bahwa PKH berdampak pada peningkatan taraf kesejahteraan dari keluarga yang selama ini mereka dampingi atau mencapai graduasi sejahtera mandiri", terang Harry.

Hal ini, dikatakan Harry, ditunjukkan dengan adanya bukti nyata sejumlah prestasi dari keluarga PKH yang graduasi, sehingga mereka sudah lebih sejahtera dengan tidak lagi bergantung pada bantuan pemerintah.



Sumber: Suara Pembaruan


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Era Digital, Kempora Gandeng Dilo dan Telkom Gelar Workshop

Workshop diharapkan bisa meningkatkan sinergi kegiatan antara Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota/Provinsi dengan DILo yang kini sudah ada di 17 Provinsi.

NASIONAL | 28 November 2019

Sekolah SPK Pribadi Bandung Bantu Siswa Kenali Bakat Sejak Dini

Selain proses belajar mengajar akademis, sekolah juga memiliki tanggungjawab untuk membantu para siswa menemukan dan mengembangkan bakatnya.

NASIONAL | 28 November 2019

Komisi III: Dewan Pengawas Hadir untuk Selaraskan Kinerja KPK

Keberadaan dewan pengawas tidak akan mengganggu independensi KPK, karena mereka merupakan bagian internal dari kelembagaan KPK.

NASIONAL | 28 November 2019

KPK Geledah Rumah Bupati Lingga Terkait Korupsi Penerbitan IUP di Kotim

Dua perusahaan tersebut diduga mendapat IUP dari Supian Hadi selaku Bupati Kotawaringin Timur secara melawan hukum.

NASIONAL | 28 November 2019

Dugaan Plagiat, Rektor Unnes Diperiksa Senat Akademik UGM

Tim mengklarifikasi aduan yang diterima dari masyarakat, atas kecurigaan kesamaan disertasi milik Fathur dengan skripsi mahasiswa yang dibimbingnya.

NASIONAL | 28 November 2019

Jalur Jalan Lintas Selatan DIY Tersambung pada 2021

JJLS merupakan jalur trans selatan Jawa yang melajur dari Jawa Barat hingga Jawa Timur dengan total panjang jalan 121,83 kilometer.

NASIONAL | 28 November 2019

BPBD Kota Bengkulu Pasang Sejumlah Rambu Bencana Alam di Pantai Panjang

Wali Kota Bengkulu, Helmi Hasan mengatakan, pemasangan rambu bencana ini merupakan bagian kesiapan pemkot dalam mengantisipasi terjadinya bencana alam.

NASIONAL | 28 November 2019

Pertahankan Single Bar, Otto Hasibuan Diminta Pimpim Peradi Lagi

Otto akan mempertimbangkan untuk menjadi ketua umum lagi jika memang diminta oleh mayoritas anggota Peradi.

NASIONAL | 28 November 2019

Setia pada ISIS, Teroris Medan Tidak Menyesal

Teror bom bunuh diri untuk menunjukkan eksistensi kepada Abu Ibrahim Al Hashimi Al Quraishi, pemimpin baru ISIS pengganti Abu Bakar al-Baghdadi.

NASIONAL | 28 November 2019

Panglima TNI Pantau Kesiapan Sarana Setelah Kerusuhan Wamena

Panglima TNI juga melakukan komunikasi sosial dengan masyarakat dan bertatap muka dengan para prajurit yang ada di perbatasan.

NASIONAL | 28 November 2019


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS