Dugaan Pidana, Staf Khusus Wapres Mengaku Hanya Jadi Saksi
Logo BeritaSatu

Dugaan Pidana, Staf Khusus Wapres Mengaku Hanya Jadi Saksi

Kamis, 28 November 2019 | 12:08 WIB
Oleh : Farouk Arnaz / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Staf khusus Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Lukmanul Hakim, mengaku bahwa dirinya hanya berstatus saksi dalam kasus dugaan pemerasan yang dilaporkan ke Polresta Bogor sejak 20 November 2017.

Hal ini dikatakan oleh Hakim melalui rilis pengacaranya Ikhsan Abdullah Kamis (27/11/2019). Ikhsan juga
bertindak sebagai Kuasa Hukum Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Hasil gelar perkara khusus di Bareskrim 18 Juli 2019, terlapor, Lukmanul Hakim tidak dapat dijadikan sebagai tersangka dikarenakan berdasarkan fakta-fakta hasil penyidikan tidak ditemukan bukti yang cukup,” kata Ikhsan.

Sehingga Hakim ditetapkan sebagai saksi dalam perkara dimaksud. Menurut Ikhsan pihaknya telah mengantongi hasil gelar itu berdasar Surat Nomor: B/932/IX/2019/DITTIPIDUM perihal Pemberitahuan Perkembangan Penyidikan tanggal 12 September 2019.

“Jadi pemberitaan yang ada cenderung tidak sesuai dan menyudutkan klien kami, maka demi menjaga nama baik dan wibawa hukum serta upaya penyidikan yang dilakukan selama dua tahun terakhir, maka itu yang kami sampaikan,” tambahnya.

Seperti diberitakan sebelumnya Hakim dilaporkan dalam kasus dugaan pemerasan dan pungutan liar atau pungli perpanjangan akreditasi sertifikasi halal Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Kasus ini bermula saat pelapor merasa diperas saat dimintai uang sebesar 50.000 euro atau sekitar Rp 780 juta terkait perpanjangan akreditasi sertifikasi halal MUI.

Pemerasan itu dilakukan oleh seseorang yang menjadi pihak ketiga dalam kasus ini. Pemerasan itulah yang ikut menyeret nama Hakim selaku Direktur LPPOM MUI.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Mensos: Kemiskinan Akar Radikalisme dan Terorisme

Radikalisme dan terorisme akarnya adalah dari kemiskinan. Sehingga yang harus diperangi bersama itu kemiskinan, bukan orangnya.

NASIONAL | 28 November 2019

6 Desember, PDI-P Jateng Buka Pendaftaran Calon Kepala Daerah

PDI-P Jawa Tengah membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah di 21 kabupaten/kota untuk Pemilihan Kepala Daerah serentak 2020.

NASIONAL | 28 November 2019

Mensos Beri Apresiasi untuk Suara Pembaruan

Kementerian Sosial memberikan apresiasi atas kinerja dan dedikasi sumber daya manusia (SDM) serta lembaga dalam mendukung transformasi Program Keluarga Harapan.

NASIONAL | 28 November 2019

Era Digital, Kempora Gandeng Dilo dan Telkom Gelar Workshop

Workshop diharapkan bisa meningkatkan sinergi kegiatan antara Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota/Provinsi dengan DILo yang kini sudah ada di 17 Provinsi.

NASIONAL | 28 November 2019

Sekolah SPK Pribadi Bandung Bantu Siswa Kenali Bakat Sejak Dini

Selain proses belajar mengajar akademis, sekolah juga memiliki tanggungjawab untuk membantu para siswa menemukan dan mengembangkan bakatnya.

NASIONAL | 28 November 2019

Komisi III: Dewan Pengawas Hadir untuk Selaraskan Kinerja KPK

Keberadaan dewan pengawas tidak akan mengganggu independensi KPK, karena mereka merupakan bagian internal dari kelembagaan KPK.

NASIONAL | 28 November 2019

KPK Geledah Rumah Bupati Lingga Terkait Korupsi Penerbitan IUP di Kotim

Dua perusahaan tersebut diduga mendapat IUP dari Supian Hadi selaku Bupati Kotawaringin Timur secara melawan hukum.

NASIONAL | 28 November 2019

Dugaan Plagiat, Rektor Unnes Diperiksa Senat Akademik UGM

Tim mengklarifikasi aduan yang diterima dari masyarakat, atas kecurigaan kesamaan disertasi milik Fathur dengan skripsi mahasiswa yang dibimbingnya.

NASIONAL | 28 November 2019

Jalur Jalan Lintas Selatan DIY Tersambung pada 2021

JJLS merupakan jalur trans selatan Jawa yang melajur dari Jawa Barat hingga Jawa Timur dengan total panjang jalan 121,83 kilometer.

NASIONAL | 28 November 2019

BPBD Kota Bengkulu Pasang Sejumlah Rambu Bencana Alam di Pantai Panjang

Wali Kota Bengkulu, Helmi Hasan mengatakan, pemasangan rambu bencana ini merupakan bagian kesiapan pemkot dalam mengantisipasi terjadinya bencana alam.

NASIONAL | 28 November 2019


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS