Aplikasi UMRA.ID Tawarkan Berumroh Tanpa Perlu Rombongan

Aplikasi UMRA.ID Tawarkan Berumroh Tanpa Perlu Rombongan
PT Central Global Network (CGN) meluncurkan platform digital DIY (Do It Yourself) umrah pertama di dunia yang diberi nama UMRA.ID. (Foto: Beritasatu Photo / Lona Olavia)
Lona Olavia / WBP Kamis, 28 November 2019 | 17:28 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PT Central Global Network (CGN) meluncurkan platform digital DIY (Do It Yourself) umrah pertama di dunia yang diberi nama UMRA.ID. Platform ini untuk mewujudkan perjalanan umrah sepenuhnya melalui swakelola atau individu.

"Tinggal ketik UMRA.ID di Android dan iOS akan tersedia, tak lama lagi dapat mewujudkan perjalanan umrah," kata Direktur CGN Ma'an Muadz, di Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Ma'an mengatakan, UMRA.ID ini merupakan platform digital yang memberikan kebebasan penggunanya untuk merancang perjalanan umrohnya sendiri. Mulai memesan tiket pesawat, hotel, visa, durasi, rute dan asuransi perjalanan. Selain itu, lebih murah.

"UMRA.ID adalah merek dan platform digital dari PT Central Global Network yang merupakan penyelenggara perjalanan umroh, haji khusus dan penyedia visa umroh berizin resmi dari Kementerian Agama Republik Indonesia sejak 2013," ujar Ma'an Muadz.

Dia menjelaskan umroh dengan menggunakan UMRA.ID bisa mempersingkat waktu saat berumroh. Biasanya umroh konvensional paling cepat 9 hari. Namun dengan UMRA.ID cukup 3 hari untuk berumroh ke tanah suci.

Untuk menjalankan program umrah di UMRA.ID, sambung Ma'an, pihaknya telah menandatangani kerja sama strategis dengan Bank Syariah Mandiri (BSM). Kerja sama ini untuk memudahan pembayaran dan pemasaran nasabah melalui integrasi platform. Selain itu menjalin kerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk promosi bersama program Umroh Ramah Lingkungan (Green Umra), program donasi dengan Sharinghappiness, jaringan hotel Dar EI lman serta komunikasi jemaah bersama lndosatooredoo.

Sementara CEO UMRA.ID Ahmad Husani mengatakan platform ini bukan marketplace umroh, tapi sepenuhnya swakelola atau populer disebut Do It Yourself (DIY) Umra.

"Intinya menyesuaikan kantong. Agar sesuai kantong, jemaah akan mengeksplorasi fitur di UMRA.ID, mulai memilih pesawat, rutenya, hotel dan lokasinya, durasi tinggal di Makkah, Madinah, memilih asuransi dan juga aplikasi visa,” kata Ahmad Husani.

Lebih jauh, dia mengungkapkan program umrah di UMRA.ID merupakan wisatawan mandiri yang tidak memerlukan pembimbing dan terbiasa menyusun perjalanannya sendiri. Menurut data Kemag usia 25-50 tahun saat ini mendominasi jemaah umrah Indonesia. "Pada usia tersebut, mereka educated dan mandiri serta terbiasa bertransaksi apapun melalui gawai," imbuhnya.



Sumber: Suara Pembaruan