Jokowi Sidak Layanan BPJS Kesehatan di RSUD Subang

Jokowi Sidak Layanan BPJS Kesehatan di RSUD Subang
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke RSUD Ciereng, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Jumat (29/11/2019). ( Foto: Beritasatu TV )
Aichi Halik / AHL Jumat, 29 November 2019 | 17:32 WIB

Subang, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke RSUD Ciereng, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Jumat (29/11/2019).

Presiden Jokowi ingin mengetahui langsung kualitas pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di rumah sakit tersebut, serta berdialog langsung dengan pasien penerima manfaat.

Jokowi mengatakan, dalam sidak tersebut hampir 90 persen pasien yang ditemui menggunakan Kartu Indonesia Sehat. Dari jumlah tersebut, sekitar 70% merupakan masyarakat penerima bantuan iuran (PBI), dan 20% sisanya peserta mandiri.

"Sama seperti yang di Lampung, kurang lebih angkanya hampir-hampir sama. Artinya apa? Artinya memang masyarakat memanfaatkan kartu BPJS itu dalam rangka pelayanan kesehatan yang diberikan di rumah sakit," kata Jokowi.

Sebagai informasi, Jokowi juga pernah melakukan kegiatan serupa saat melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Lampung, Jumat (15/11/2019). Saat itu Presiden Jokowi mengunjungi RSUD Dr. H. Abdul Moeloek di Kota Bandar Lampung.

Soal defisit keuangan yang dialami BPJS, menurut Jokowi, masalah BPJS Kesehatan harus diselesaikan melalui internal perusahaan, terutama dalam mengendalikan defisit. Apalagi, katanya, pemerintah sudah mengeluarkan anggaran yang cukup besar terkait hal itu.

"Yang paling penting harus di selesaikan masalah di BPJS, bukan di rumah sakitnya atau di pemegang kartunya, bagi BPJS bagaimana agar defisit itu bisa dikendalikan. Pemerintah sudah keluar duit sangat besar, 133 juta (orang) yang dicover oleh pemerintah," ujar Jokowi.



Sumber: BeritaSatu TV