BPK Terpilih Sebagai Auditor Eksternal Organisasi Maritim Internasional

BPK Terpilih Sebagai Auditor Eksternal Organisasi Maritim Internasional
Indonesia terpilih kembali menjadi anggota Dewan International Maritime Organization (IMO) Kategori C Periode 2020 - 2021 dalam sidang IMO Assembly, Jumat (29/11/2019) di London, Inggris. ( Foto: Dok )
Lona Olavia / JAS Sabtu, 30 November 2019 | 08:38 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Selain proses pemilihan anggota Dewan International Maritime Organization (IMO) atau Organisasi Maritim Internasional, dilaksanakan pula pemilihan external auditor atau auditor eksternal IMO dengan periode kerja tahun 2020 sampai dengan 2023, di mana Indonesia mengajukan diri bersaing dengan dua negara lain, yaitu Italia dan Inggris.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, mengucapkan selamat kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang terpilih sebagai external auditor IMO periode 2020-2023.

"Saya juga mengucapkan selamat kepada BPK yang terpilih sebagai External Auditor IMO Periode 2020-2023. Pengalaman bergengsi dua kali mengaudit lembaga internasional pastinya menambah kepercayaan bagi negara anggota IMO sehingga secara meyakinkan mereka memberikan suaranya bagi Indonesia," ungkapnya di Jakarta, Sabtu (30/11/2019).

Pada kesempatan terpisah, Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R Agus H Purnomo menjelaskan, pada putaran pertama pemilihan, Indonesia berhasil mengungguli Italia dan Inggris dengan perolehan suara sebesar 64 suara, dibandingkan dengan Inggris yang mendapatkan 45 suara dan Italia yang mendapatkan 24 suara.

“Namun demikian, karena perolehan suara yang diperoleh oleh Indonesia tidak memenuhi jumlah suara minimal yang diperlukan untuk dapat terpilih, yakni 72 suara, maka dilakukan pemilihan putaran kedua,” ungkap Dirjen Agus.

Selanjutnya, pada pemilihan putaran kedua Indonesia akhirnya berhasil memperoleh suara mayoritas sejumlah 75 suara mengalahkan Inggris yang dengan perolehan 64 suara dari total 142 pemilih, 3 di antaranya abstain.

“Saya harap, dengan terpilihnya BPK menjadi external auditor IMO semakin menunjukkan eksistensi Indonesia di kancah pergaulan Internasional, khususnya pada sektor maritim,” tutup Agus.



Sumber: Suara Pembaruan