BPK Berhasil Terpilih Sebagai Auditor Eksternal IMO

BPK Berhasil Terpilih Sebagai Auditor Eksternal IMO
Ketua BPK, Agung Firman Sampurna, sampaikan keterangan pers tentang terpilihnya BPK sebagai auditor eksternal IMO di Kantor BPK, Jakarta, Sabtu 30 November 2019. ( Foto: BPK )
Jayanty Nada Shofa / JNS Minggu, 1 Desember 2019 | 16:54 WIB

JAKARTA, Beritasatu.com - Semakin diakui dunia, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) kini terpilih sebagai auditor eksternal International Maritime Organization (IMO) periode tahun 2020 hingga 2023.

Hal ini diumumkan pada Sidang Majelis IMO ke-31 di London, Inggris, Jumat (29/11/2019).

"Dari pencapaian ini merupakan gambaran bahwa kompetensi BPK semakin diakui secara internasional dan kemampuan diplomasi kita sangat unggul, mengingat persiapan yang sangat singkat," ujar Ketua BPK Agung Firman Sampurna pada konferensi pers di Kantor Pusat BPK, Jakarta, Sabtu (30/11/2019).

BPK

Ketua BPK bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi pada konferensi pers terpilihnya BPK sebagai auditor eksternal IMO. (BPK)

Adapun BPK berhasil mengungguli Italia dan Inggris yang bersaing untuk posisi yang sama.

Pada pemungutan suara putaran pertama, Indonesia unggul dengan 64 suara, Inggris 55 suara, dan Italia 24 suara. Namun, jumlah tersebut tidak menunjukkan adanya mayoritas suara, sehingga dilakukan pemungutan suara putaran ke-2. Pada putaran ke-2, Indonesia memperoleh 75 suara, dan Inggris 64 suara.

"Indonesia adalah negara ASEAN pertama yang mendapatkan kepercayaan terpilih sebagai auditor eksternal untuk IMO," ungkap Menlu Retno.

Dengan terpilihnya sebagai eksternal auditor, BPK akan memeriksa laporan keuangan dan kinerja organisasi IMO dan dua institusi pendidikan di bawah IMO, yakni World Maritime University (WMU) dan International Maritime Law Institute (IMLI).

Sebelumnya, BPK juga terpilih sebagai auditor eksternal organisasi internasional di bidang anti-korupsi yang berkedudukan di Wina Austria, yakni International Anti-Corruption Academy (IACA) untuk periode tahun 2015-2016 dan kembali dipercaya untuk tahun 2018-2020.

Selain itu, BPK juga dipercaya sebagai auditor eksternal untuk periode 2016 - 2021 pada organisasi nuklir internasional, International Atomic Energy Agency (IAEA), yang bekerja sama dengan PBB.



Sumber: PR