Logo BeritaSatu

Wartawan Buka Taman Bacaan untuk Anak-anak Bukit Duri

Senin, 2 Desember 2019 | 08:54 WIB
Oleh : Jeis Montesori / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Kesadaran untukmeningkatkan minat baca di kalangan anak-anak dan orang tua, terutama di wilayah sekitar tempat tinggalnya mendorong wartawan senior Suradi, SS, dan istrinya, Safruningsih membuka gerai baca di kediamannya, kawasan Bukit Duri, Jakarta Selatan.

Peresmian gerai baca yang diberi nama Taman bacaan Masyarakat (TBM) Bukdur Bercerita dilakukan di Jalan Bukit Duri Tankan III/8, Tebet, Jakarta Selatan pada Sabtu (30/11/2019). Bersamaan dengan Workshop "Bunda Mendongeng di Hari Dongeng Nasional” yang diselenggarakan Kampung Dongen Jakarta Selatan.

Para pendongeng dari Jakarta Selatan yang hadir yakni oleh Arizal Hambali atau Kak Rizal, Nuryanti alias Kak Yanti, Suciati yang akrab disapa Ka Uci, Titin Yani Yualianti yang biasa dipangil Kak Titin, Muthiah Silmi Sajidah atau Kak Muthi, Safrudiningsih atau Kak Ning, dan Iwan M Ridwan yang disapa Kak Iwan.

Peresmian TBM Bukdur Bercerita dihadir anak-anak usia SD dan SMP dan para orang tuanya. Anak-anak dengan meangat membaca beragam buku cerita yang disediakan TBM, sementara orang tua mereka mendengarkan paparan tentang kiat dan tips mendongeng untuk anak-anak agar menarik perhatian.

Selain penjelasan mengenai kiat dan tips mendongeng, ditampilkan juga hiburan sulap dari Kak Ning yang membuat anak-anak dan orang tua yang hadir terhibur.

Lebih lanjut Suradi, SS mengatakan, kebiasaan membaca harus ditumbuhkan sejak dini. Tantangan untuk membiasakan membaca saat ini snagat berat mengingat kebiasaan menonton TV yang masih cukup lama, dan juga faktor gawai yang sering menyita anak-anak sehingga enggan untuk membaca.

“Koleksi buku cerita kami yang baca dan lingkungan yang menurut kami butuh bacaan atau cerita, serta manfaat besar dari membaca, mendorong kami untuk mendedikasikan koleksi dan waktu untuk anak-anak sekitar lingkungan kami,” katanya.

Sementara sang istri, Safrudingsih yang sehari-hari merupakan dosen salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta mengatakan, pembukaan TBM Bukdur Bercerita merupakan bagian kecintaannya pada anak-anak.

“Kami melihat banyak anak yang jauh dari bacaan, padahal membaca iitu penting sekali. Selain layanan buku cerita, kami juag akan memberikan dongeng kepada anak-anak demi untuk menumbuhkan motivasi dan harapan di kalangan anak-anak,” kata Safrudingsih yang juga pegiat Kampung Dongeng, Jakarta Selatan.

Pada peresmian TBM Bukdur Bercerita, anak-snaak bersemangat memilihbuku cerita dan juag sambil menggambar, sedangkan para orang tua mereka, asyik mendengarkan worshop bagaimana belajar mendongeng agar menarik di mata anak-anak. Pemateri workshop adalah pegiat dongeng dari Jakarta Selatan.

Di akhir workshop, para orang tua diminta memperagakan bagaimana mendongen yang baik. Orang tua yang semuanya perempuan pun tertarik mencoba bagaimana mendongen. Ada yang mendongeng tentang kisah “Si Kancil Anak Nakal” dan ada juga yang mendongeng tentang bagaimana mengajarkan bersuci atau berwudhu sebelum salat.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pengacara Lukas Enembe Dilaporkan ke Bareskrim Polri

Pengacara Gubernur Papua Lukas Enembe, Stefanus Roy Rening dilaporkan oleh Penjabat Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw.

NEWS | 29 September 2022

Perindo Bidik 20% Kursi DPRD di Kalimantan Timur

Hary Tanoesoedibjo (HT) membidik perolehan 20 persen kursi legislatif atau DPRD provinsi dan kabupaten/kota di Kalimantan Timur (Kaltim) untuk Perindo.

NEWS | 29 September 2022

Tokoh Adat Papua Imbau Semua Pihak Jaga Situasi Damai

Tokoh adat dari Sentani, Jayapura, Papua, Yanto Eluay mengimbau semua pihak di Tanah Papua untuk menjaga situasi damai.

NEWS | 29 September 2022

Jokowi Minta Kepala Daerah Ajak Masyarakat Berwisata di dalam Negeri

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepala daerah mengajak masyarakat untuk melakukan wisata di dalam negeri.

NEWS | 29 September 2022

Ini Tips Investasi Aman dan Legal di Era Digital

Dibutuhkan pemahaman yang baik dan tepat mengenai ragam investasi secara digital tersebut agar terhindar dari kerugian.

NEWS | 29 September 2022

Skor Efektivitas Pemerintahan Modal Wujudkan Birokrasi Kelas Dunia

Peningkatan skor efektivitas pemerintahan di Indonesia versi Bank Dunia, menjadi modal besar bagi pemerintah menciptakan visi birokrasi kelas dunia.

NEWS | 29 September 2022

Abdillah Toha Nilai Mahfud MD Sosok Bersih dan Tegas

Cendekiawan muslim Abdillah Toha menilai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD sebagai sosok yang bersih dan tegas.

NEWS | 29 September 2022

Jokowi Tegaskan Percepat Belanja Produk Dalam Negeri

Presiden Jokowi meminta seluruh jajaran terkait  mempercepat realisasi komitmen belanja produk dalam negeri.

NEWS | 29 September 2022

Urgensi Negara Islam Berubah, Palestina Berdaulat Sudah Bukan yang Utama

Urgensi negara-negara Islam atau negara dengan banyak penduduk Islam telah berubah, tak lagi mengutamakan Palestina yang berdaulat.

NEWS | 29 September 2022

DPR Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya, Puan: Komitmen Selamatkan Bumi

DPR telah membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk memenuhi kebutuhan tambahan listrik gedung wakil rakyat.

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pengacara Lukas Enembe Dilaporkan ke Bareskrim Polri

Pengacara Lukas Enembe Dilaporkan ke Bareskrim Polri

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings