Terpilih Secara Aklamasi, Imanuel-Soezahri Jabat Ketum dan Sekjen GMNI

Terpilih Secara Aklamasi, Imanuel-Soezahri Jabat Ketum dan Sekjen GMNI
Imanuel Cahyadi dan Soezahri Somar ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Carlos KY Paath / RSAT Selasa, 3 Desember 2019 | 21:09 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Imanuel Cahyadi Karo-karo dan Soezahri Somar terpilih sebagai ketua umum (ketum) dan sekretaris jenderal (sekjen) GMNI periode 2019-2022. Kongres XXI Kemaritiman GMNI yang berlangsung di Ambon, Maluku, Selasa (3/12/2019), memilih keduanya secara aklamasi.

Imanuel sebelumnya menjabat Ketua DPP Bidang Organisasi, sedangkan Soezahri menjabat sebagai ketua DPC GMNI Ambon. Saat menyampaikan pidato kemenangannya, Imanuel mengapresiasi seluruh kader GMNI yang tetap konsisten memegang teguh komitmen terhadap perbaikan organisasi.

"Saya sampaikan rasa terima kasih yang tak terhingga atas amanah yang kawan-kawan berikan kepada saya sebagai ketua umum GMNI dan Bung Soezahri Somar sebagai sekjen GMNI periode 2019-2022," kata Imanuel dalam keterangan tertulis yang  diterima Beritasatu.com, Selasa (3/12/2019).

Menurut Imanuel, peserta Kongres GMNI yang dilaksanakan sejak 28 November 2019, merupakan kader-kader terpilih. Kader yang tetap gandrung akan persatuan seperti ajaran Proklamator sekaligus Presiden Pertama Sukarno (Bung Karno).

"Kita semua adalah satu keluarga, dan GMNI adalah rumah kita bersama yang pintunya selalu terbuka untuk semua kader-kadernya. Alhamdulillah kawan-kawan, Kita semua tercatat dalam sejarah perjuangan di GMNI," tegas Imanuel.

Di Kota Ambon, Imanuel menyatakan, para kader sudah buktikan bahwa tekanan, intervensi, dan ancaman tidak mengurangi semangat untuk tetap berada di forum kongres yang terhormat. Imanuel menambahkan, perubahan akan dimulai.

"GMNI akan menjadi organisasi yang sehat, menjadi organisasi pelopor bagi kemajuan bangsa dan negara ke depan. (hal) yang paling terpenting adalah GMNI sebagai organisasi yang merdeka dalam berpikir dan bertindak," ujar Imanuel.

Imanuel mengajak segenap kader bersama-sama membangun GMNI. "Ini bukanlah akhir dari perjumpaan dan dialektika bagi kita. Ini adalah awal kita semua bergotong royong. Ini adalah awal kemerdekaan kita," tutur Imanuel.

Sementara itu, Gubernur Maluku, Murad Ismail mengucapkan selamat kepada ketum dan sekjen GMNI terpilih. Murad mengaku bangga, kongres berjalan dengan baik, aman, lancar, tertib, dan kondusif.

"Segala perbedaan pendapat dan persepsi hal yang wajar. Semua yang terjadi dalam kondusiftas daerah ini, saya bertanggung jawab atas hal itu. Kalau saya dibilang ikut intervensi itu fitnah," kata Murad yang menutup Kongres XXI Kemaritiman GMNI.

Murad berpesan GMNI adalah organisasi pemuda yang penting dan strategis dalam membangun bangsa dan menjadikan negara yang maju serta setara dengan bangsa-bangsa lain. "Saya selaku gubernur memberikan apresiasi kepada GMNI yang telah menjalankan kongres di Ambon dan selamat kepada yang terpilih." pugkasnya.



Sumber: Suara Pembaruan