Ingin Jadi Pemimpin yang Sukses, Billy Mambrasar Ajak Generasi Muda Papua Berwirausaha

Ingin Jadi Pemimpin yang Sukses, Billy Mambrasar Ajak Generasi Muda Papua Berwirausaha
Staf Khusus Presiden Joko Widodo, Billy Mambrasar (Foto: Suara Pembaruan / Robert Isidorus Vanwi')
Robert Isidorus / JEM Rabu, 4 Desember 2019 | 09:11 WIB

Jayapura, Beritasatu.com - Staf Khusus Presiden Joko Widodo, Billy Mambrasar mengajak generasi muda Papua untuk mulai berwirausaha. Sebab dengan berwirausaha dapat mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan ekonomi keluarga.

Billy menjelaskan, tren yang berkembang saat ini para pemimpin banyak yang lahir dari latar belakang pebisnis, sehingga ia pun mendorong anak muda Papua untuk berbisnis melalu wirausaha sehingga kelak bisa juga menjadi pemimpin yang berhasil terutama membangun Papua lebih maju.

“Kita bisa lihat Pak Jokowi dan beberapa pemimpin dunia lahir dari latar belakang pebisnis, kenapa? Karena mereka mampu menyediakan lapangan kerja bagi orang banyak serta meningkatkan ekonomi keluarganya. Untuk itu saya mendorong generasi muda Papua untuk berwirausaha,” kata Billy Mambrasar saat menghadiri pertemuan anak-anak muda Papua dengan sejumlah tokoh inspiratif asal Papua, Selasa (3/12/2019).

Pertemuan yang dihadiri puluhan anak muda Papua itu, digagas Kitong Bisa Enterprise, lembaga yang didirikan Billy Mambrasar.

Staf Khusus Presiden dari kalangan milenial ini mengatakan, saat ini lapangan pekerjaan dari sektor formal dan perusahaan semakin terbatas sehingga cara yang tepat saat ini adalah berwirausaha. “Dengan berwirausaha generasi muda Papua dapat mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan serta meningkatkan ekonomi keluarga,” jelasnya.

Billy yakin bahwa anak muda Papua bisa berwirausaha dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat Papua. “Sudah banyak contoh yang kita bisa lihat bahwa anak muda Papua juga bisa berwirausaha. Jangan takut untuk memulai, karena dengan langkah kecil yang dimulai kita akan menjadi pebisnis yang andal dan bisa berguna bagi orang lain,” ujar Billy Mambrasar.

Sementara itu, CEO Kitong Bisa Enterprise, Ichwan mengatakan, pihaknya terus berkomitmen mendorong anak-anak muda Papua untuk menjadi pengusaha.

“Kita berkomitmen ingin mendorong anak-anak muda di Papua dan Papua Barat untuk menjadi pengusaha karena anak muda Papua memiliki potensi menjadi pengusaha,” terangnya.

Bahkan, kata Ichwan, pihaknya berencana membuka kantor di Kota Jayapura untuk melatih anak-anak muda Papua menjadi pengusaha.

“Awal 2020 kita akan buka kantor di Jayapura untuk melatih anak muda menjadi pengusaha. Bagi yang berminat silakan datang, kita akan berikan bimbingan, pendampingan, dan pelatihan secara gratis,” ujarnya.



Sumber: Suara Pembaruan