Pengamat Apresiasi Kapolri Promosikan Listyo Sigit dan Martuani Sormin

Pengamat Apresiasi Kapolri  Promosikan Listyo Sigit dan Martuani Sormin
Aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) Agus Yohanes (Foto: Istimewa)
Arnold H Sianturi / JEM Jumat, 6 Desember 2019 | 14:42 WIB

Medan, Beritasatu.com - Keputusan Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz mempromosikan Irjen Pol Listyo Sigit menjadi Kabareskrim dan Agus Andrianto sebagai Kabaharkam Polri, serta Irjen Pol Martuani Sormin sebagai Kapolda Sumut dan Brigjen Pol Ignatius Sigit Wisiatmono sebagai Kadiv Propam Polri, patut untuk diapresiasi.

"Telegram yang sudah dikeluarkan melalui surat ST_3229/XII/ KEP/2019, tertanggal 6 Desember 2019, yang ditandatangani As SDM Kapolri, Irjen Pol Eko Idra, merupakan bukti bahwa Kapolri memilih jenderal terbaik untuk masa depan Polri," ujar pengamat kepolisian, Agus Yohanes kepada Suara Pembaruan, Jumat (6/12/2019).

Agus mengatakan, Irjen Pol Listyo Sigit dinilai patut menjabat Kabareskrim karena track recordnya sudah jelas. Dimana, Listyo merupakan mantan ajudan Presiden Joko Widodo, dan tidak pernah memiliki catatan miring selama berdinas. Selain itu, Listyo Sigit merupakan jenderal polisi yang memiliki komitmen kuat memberantas kejahatan dan korupsi.

"Kita meyakini, Listyo Sigit mampu dan berhasil membangun reserse yang lebih profesional dan modern. Sigit merupakan jenderal yang tidak pernah kompromi dengan segala bentuk kejahatan. Orangnya tegas, keras dan mampuni. Masyarakat juga menaruh harapan kepada Sigit untuk Polri yang lebih baik," katanya.

Begitu juga dengan promosi terhadap Irjen Pol Agus Andrianto, sebagai Kapolda Sumut yang dipromosikan menjabat Kabarharkam Polri. Secara otomatis, Agus akan naik pangkat menjadi jenderal bintang tiga menggantikan Komjen Firli yang dalam waktu dekat dilantik menjadi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Agus dianggap memiliki prestasi sehingga mendapatkan promosi. Dia berhasil memelihara keamanan di Sumut, termasuk memberantas jaringan teroris di daerah tersebut. Selain itu, Agus dipromosikan karena berhasil merangkul kalangan ulama, pemuka agama maupun lainnya," jelasnya.

Untuk promosi terhadap Irjen Pol Martuani Sormin, menurut Agus Yohanes, akan membawa suasana baru bagi Polri dan masyarakat di Sumut. Martuani Sormin merupakan jenderal polisi yang humanis namun tidak mengenal kata kompromi bagi setiap pelaku kejahatan, termasuk segala bentuk mafia di Sumut, akan dibabat habis.

"Martuani Sormin memang layak menjabat Kapolda Sumut menggantikan Agus Andrianto. Sepak terjangnya sebagai Kapolda tidak diragukan lagi. Martuani akan memberikan warna baru, menjadikan Polda Sumut beserta jajarannya, semakin baik dan profesional ke depannya. Dia juga antipolisi yang nakal, berprilaku koruptif apalagi berbuat kejahatan," ungkapnya.

Menurutnya, kehadiran Martuani Sormin sebagai Kapolda Sumut, akan membawa malapetaka bagi anggota Polri yang memiliki gaya hidup hedonis. Martuani juga akan menjalani perintah Kapolri Idham Azis untuk menindak bawahan yang meminta - minta proyek di pemerintahan kabupaten maupun kota.

"Untuk promosi Brigjen Pol Ignatius Sigit menjadi Kadiv Propam juga sudah jelas. Ignatius pantas dipromosikan menduduki jabatan bintang dua. Ignatius dikenal tidak mengenal kompromi terhadap oknum anggota Polri yang melakukan pelanggaran. Ignatius juga tidak memiliki catatan miring selama berdinas di Polri," sebutnya. 



Sumber: Suara Pembaruan