Operasional Tol Layang Jakarta-Cikampek Diundur 20 Desember

Operasional Tol Layang Jakarta-Cikampek Diundur 20 Desember
Tol Layang Jakarta-Cikampek II (Elevated). (Foto: Handout)
Thresa Sandra Desfika / CAH Minggu, 8 Desember 2019 | 14:38 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pengoperasian Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II secara fungsional diundur menjadi 20 Desember 2019. Rencana sebelumnya tol tersebut bakal dibuka mulai 15 Desember 2019.

Hal itu disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat meninjau langsung kesiapan pengoperasian Tol Layang Jakarta-Cikampek pada Minggu (8/12/2019).

Baca JugaHingga Akhir November, Progres Tol Layang Jakarta-Cikampek 99,8%

"Kami sudah coba tol elevated ini dan kami sudah dilaporkan beberapa hal oleh direktur PT Jasa Marga dan direktur jenderal bina marga. Kami sepakat tanggal 20 Desember mulai bisa dipakai," ujar Budi Karya di sela peninjauannya.

Budi menjelaskan, bergesernya jadwal pengoperasian tol itu karena pada puncak arus lalu lintas masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2020 diperkirakan mulai mengalami lonjakan pada 20 Desember 2019. Selain itu, operator jalan tol juga masih melakukan perbaikan terkait aspek kenyamanan.

Baca JugaBatas Kecepatan Tol Layang Jakarta-Cikampek Diminta ‎Dipertegas

Di tempat yang sama, Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani mengungkapkan, secara kekuatan fisik, sebenarnya Tol Layang Jakarta-Cikampek II sudah diuji dan telah memenuhi standar. Akan tetapi, dari aspek kenyamanan, tol ini perlu diperbaiki lagi karena setiap 180 meter terdapat sambungan yang di beberapa titiknya menimbulkan kontur yang bergelombang.

"Kami harapkan sebelum tanggal 20 Desember perbaikan selesai," papar Desi.



Sumber: BeritaSatu.com