Pesan Saut untuk Pimpinan KPK Baru: Anda Mau Jadi Panglima Perang atau Penakut?

Pesan Saut untuk Pimpinan KPK Baru: Anda Mau Jadi Panglima Perang atau Penakut?
Pimpinan KPK Terpilih Lili Pintauli Siregar (tengah), Nurul Ghufron (kiri), Ketua KPK terpilih Firli Bahuri (kedua kanan), Alexander Marwata (kedua kiri) dan Nawawi Pomolango disela Rapat Paripurna DPR di Gedung Paripurna DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/9/2019). ( Foto: Suara Pembaruan / Ruht Semiono )
Yustinus Paat / FMB Minggu, 8 Desember 2019 | 17:17 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang mengharapkan pimpinan KPK baru agar berani dalam menjalankan tugas memberantas dan mencegah tindak pidana korupsi. Sebagai pemimpin, kata Saut, mereka tidak boleh takut dalam upaya memberantas korupsi.

"Anda (pimpinan KPK baru) mau jadi panglima perang tidak? Atau Anda mau jadi penakut. Atau Anda ingin jadi pemberani," ujar Saut di sela-sela acara crosscheck bertajuk "Hentikan Diskon Hukuman Koruptor" di Upnormal Coffee, Jalan Wahid Hasyim, Menteng, Jakarta, Minggu (8/12/2019).

Saut mengatakan lima pimpinan baru sudah dipilih dan semua pihak mau tidak mau harus menerima mereka. Dia pun ingin segera bertemu kelimanya untuk memberikan gambaran "medan pertempuran" yang diperjuangkan KPK.

"Jadi mereka (lima pimpinan KPK) sudah given, sudah ada, saya ingin ketemu mereka, ini loh medan perangnya. Anda mau jadi panglima perang tidak?," tandas dia.

Lebih lanjut, Saut yakin kelima pimpinan KPK baru merupakan orang-orang yang lebih baik darinya. Keyakinan ini yang membuat Saut tidak ikut mencalonkan diri jadi pimpinan KPK.

"Saya selalu mengatakan kenapa saya tidak mencalonkan kemarin. Orang di belakang kita itu pasti lebih baik dari kita. Itu pasti. Kalau tidak lebih baik dari kita itu sudah luar biasa. Harus percaya orang yang di belakang kita lebih baik dari kita. Saya yakin itu," pungkas Saut.

Sebagaimana diketahui, Firli Bahuri, Nurul Ghufron, Alexander Mawarta, Nawawi Pomolango dan Lili Pintauli Siregar terpilih jadi pimpinan KPK 2019-2023. Mereka akan efektif bekerja pada 21 Desember 2019, dilantik bersama dewan pengawas pilihan Presiden Jokowi. 



Sumber: BeritaSatu.com