Daftar Pilkada Kota Solo, Putra Jokowi Akan Diperlakukan Sama

Daftar Pilkada Kota Solo, Putra Jokowi Akan Diperlakukan Sama
Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Antara / Aprillio Akbar)
Markus Junianto Sihaloho / AO Minggu, 8 Desember 2019 | 21:54 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyatakan, kader partai yang juga putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming, akan segera mendaftar sebagai calon wali kota Solo.

"Kami baru membuka pendaftaran di tingkat DPD atau provinsi dan direncanakan pada minggu depan, berdasarkan informasi yang kami terima, Mas Gibran akan mendaftarkan di DPD PDIP Jawa Tengah," kata Hasto, Minggu (8/12/2019).

Ketika ditanya apakah ada pengaruh politik Jokowi terhadap pencalonan Gibran, Hasto memastikan semuanya adalah soal kesetaraan hak. PDIP menjunjung tinggi bahwa setiap warga negara yang memenuhi persyaratan memiliki hak untuk memilih sekaligus dicalonkan. Itu hak melekat tanpa membeda-bedakan seseorang itu keturunan siapa.

"Hak itu melekat tanpa dibeda-bedakan dia anak siapa. Mas Gibran juga mengikuti proses dan mekanisme yang berlaku sama bagi semua, tanpa dibeda-bedakan antara anak presiden atau tidak," kata Hasto.

Oleh karena itu, ujar Hasto, semua kader partai memiliki peluang yang sama. Gibran sebenarnya sudah mencoba mendaftar di DPC PDIP Kota Solo. Namun, dia telat melakuka pendaftaran itu, sehingga pintu pendaftaran berikutnya adalah di DPD PDIP Jawa Tengah dan di kantor pusat partai.



Sumber: Suara Pembaruan