Lili Pintauli Harap Hari Antikorupsi Tak Diperingati Setiap Tahun

Lili Pintauli Harap Hari Antikorupsi Tak Diperingati Setiap Tahun
Lili Pintauli Siregar. (Foto: Antara)
Fana Suparman / MPA Senin, 9 Desember 2019 | 16:18 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jilid V terpilih, Lili Pintauli Siregar berharap Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) yang jatuh setiap 9 Desember tak diperingati setiap tahun. Lili menyatakan negara lain, terutama yang tingkat korupsinya sudah rendah tak lagi memperingati Hakordia setiap tahun.

"Intinya apakah boleh tiga tahun ke depan. Jadi tidak tiap tahun diperingati karena ada beberapa negara yang sudah ini kan tidak memperingatinya kan," kata Lili usai menghadiri puncak peringatan Hakordia di Gedung Penunjang KPK, Jakarta, Senin (9/12/2019).

Ketimbang peringatan Hakordia yang bersifat seremonial, Lili lebih memilih untuk bekerja secara nyata mencegah dan menindak korupsi. Lili yang sebentar lagi dilantik sebagai pimpinan KPK jilid V mengatakan, langkah nyata lebih diperlukan dalam upaya memberantas korupsi.

"Tadi kita juga sudah diskusi juga ada pak Alex juga. Jadi mungkin kita langsung kampanyekan di lapangan. Jadi tidak perlu di gedung berbicara apa begitu ya. Apa bentuk lain dengan cara konkrit. kalau bisa tidak tahun depan, tapi dua atau tiga tahun lagi," katanya.

Lili meyakini dengan terus bekerja keras Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia dapat meningkat setiap tahunnya. Untuk memenuhi target tersebut, mantan Komisioner LPSK ini menyatakan, KPK tak dapat bekerja sendirian. Perlu peran aktif seluruh elemen masyarakat dan pemangku kepentingan.

"Karena kan minimal target IPK kan bisa naik dari skor 38. Tapi kan itu kerja berat ya. Paling tidak kita optimis lah. Bahwa ini harus disinergikan bersama intsansi dan emerintah dan masyarakat tentunya," katanya.

Meski demikian, Lili mengaku dirinya bersama empat pimpinan KPK Jilid V lainnya belum membicarakan mengenai target IPK yang akan dicapai selama memimpin Lembaga Antikorupsi periode 2019-2023. Lili mengaku para pimpinan KPK Jilid V belum menggelar rapat mengenai hal tersebut.

"Kita belum rapat ini kan. Saya tidak bisa mennyampaikan kan. Kalau sudah rapat mingkin target-target ada yang disampaikan oleh pimpinan. Tentunya. Kalau sekarang belum," katanya.



Sumber: Suara Pembaruan