Jateng Pengelola Sistem Pengaduan Publik Terbaik

Jateng Pengelola Sistem Pengaduan Publik Terbaik
Menteri PAN dan RB, Tjahjo Kumolo (kiri) mmberikan penghargaan kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Pemprov Jateng mendapatkan penghargaan sebagai Pengelola Sistem Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik. ( Foto: Istimewa )
Stefy Tenu / LES Selasa, 10 Desember 2019 | 13:02 WIB

Semarang, Beritasatu.com - Reformasi birokrasi yang dilakukan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo diakui secara nasional. Hal itu dibuktikan dengan diraihnya penghargaan sebagai provinsi pengelola sistem pengaduan publik terbaik nasional dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kempan RB).

Sejak memimpin Jateng 2013 lalu, Ganjar melakukan sejumlah gebrakan terkait pelayanan publik khususnya dalam merespon laporan masyarakat. Melalui banyak kanal seperti aplikasi Lapor Gub, media sosial, SMS, Whatsapp, Telephone, tatap muka, dan kanal lain, berbagai pengaduan publik dapat ditindaklanjuti dengan cepat dan tuntas.

"Penghargaan ini soal bagaimana daerah mengelola komplain pengaduan publik melalui aplikasi Lapor dari Kemenpan RB. Saat diwawancarai oleh tim juri, saya mengatakan bahwa tidak hanya aplikasi Lapor saja yang kami gunakan, namun kami membuat banyak kanal aduan masyarakat untuk memudahkan pengaduan. Ternyata itu yang membuat Jateng terbaik nasional," kata Ganjar seusai menerima penghargaan di Hotel Le Meridien Jakarta, Senin (9/12/2019).



Sumber: Suara Pembaruan