"Merdeka Belajar" Nadiem Makarim Diapresiasi

Muhadjir Effendy dan Nadiem Makarim. ( Foto: Antara )
Maria Fatima Bona / AB Rabu, 11 Desember 2019 | 11:03 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memberi apresiasi kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim atas gagasan "merdeka belajar".

“Kami mendukung inisiatif Kemdikbud mengangkat gagasan tersebut. Dengan kebijakan ini, guru dapat lebih fokus pada pembelajaran siswa dan siswa pun bisa lebih banyak belajar. Mari kita semua bersikap terbuka dan optimistis dalam menyongsong perubahan ini,” Muhadjir saat memberikan sambutan pada rapat koordinasi bersama Dinas Pendidikan provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (11/12/2019).

Muhadjir mendukung penuh kebijakan Nadiem karena tugas menteri baru adalah membenahi semua yang telah dilakukan menteri sebelumnya. "Saya dahulu jadi menteri juga membenahi apa yang dilakukan menteri sebelumnya. Ini terkait dengan kebijakan. Ini soal pilihan, jadi tidak semuanya benar,” ujarnya. 

Muhadjir menuturkan kebijakan mengenai ujian nasional (UN) misalnya, perlu diperbarui karena tidak sesuai dengan masanya. Akan tetapi, Muhadjir menegaskan kebijakan baru yang disampaikan juga bukan untuk gagah-gagahan dan harus rasional. “UN nanti mau diubah silakan saja. Jika namanya sama (UN, Red) boleh saja, tetapi isinya harus dievaluasi,” katanya.

Pada kesempatan itu, Muhadjir juga berpesan kepada Mendikbud Nadiem untuk menyelesaikan masalah guru honorer. Pasalnya, salah satu wujud konkret memerdekaan guru adalah menyejahterakan mereka. "Saya agak ngotot, masalah guru honorer harus segera diselesaikan,” ujarnya.

Saat ini terjadi disparitas yang tinggi di antara guru, karena besaran gaji dan beban mengajar guru honorer dan guru PNS tidak seimbang. Ada guru bergaji sangat tinggi ditambah tunjangan hingga Rp 10 juta, tetapi beban mengajarnya sama dengan guru honorer yang digaji sangat rendah.

.



Sumber: BeritaSatu.com