Logo BeritaSatu

Mangrove Indonesia Penting untuk Iklim Global

Rabu, 11 Desember 2019 | 12:06 WIB
Oleh : Asni Ovier / AO

Madrid, Beritasatu.com - Indonesia berhasil membalikkan tren degradasi mangrove yang terjadi di masa lalu. Mulai tahun 2019, tutupan mangrove di Indonesia berhasil meningkat hingga pada tahun 2019 menjadi 3,56 juta hektare. Kunci restorasi mangrove itu adalah kemitraan multi pihak yang melibatkan pemerintah, akademisi, masyarakat setempat, pelaku usaha, LSM, bahkan TNI Angkatan Laut.

Demikian terungkap saat sesi panel tentang "Akseslerasi Rehabilitasi Mangrove di Indonesia" yang digelar di Paviliun Indonesia pada Konferensi Perubahan Iklim di Madrid, Spanyol, Selasa (10/12/2019).

Dari Jakarta, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menyampaikan sambutan khusus tentang pentingnya rehabilitasi mangrove yang dibacakan oleh Kepala Badan Litbang dan Inovasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Agus Justianto.

Direktur Lingkungan dan Kebencanaan Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Sahat M Pangabean mengungkapkan upaya perbaikan pengelolaan mangrove kemudian terus diperkuat. Caranya antara lain dengan perbaikan perencanaan pesisir dan maritim di seluruh Indonesia. Indonesia juga menetapkan kawasan konservasi laut.

"Selain itu, kemitraan multi pihak diperkuat untuk mendukung restorasi mangrove. Hasilnya, luas mangrove berhasil bertambah menjadi 3,56 juta hektare,” kata Sahat.

Bukan cuma bertambah luas, mangrove yang terpantau dalam kondisi baik pun meningkat. Rinciannya, 2,37 juta ha mangrove dalam kondisi baik, dan 1,19 juta ha dalam kondisi kurang baik. “Luas mangrove Indonesia saat ini mencapai 59 kali luas Kota Madrid,” tutur Sahat.

Pejabat Senior bidang Operasi Strategis Markas Besar TNI AL Kolonel (AL) Arif Badrudin mengatakan, TNI AL memiliki komitmen untuk membantu pemulihan mangrove di penjuru Indonesia. Menurut dia, hutan mangrove bukan cuma untuk perlindungan berbagai keanekaragaman hayati tapi juga untuk kesejahteraan masyarakat dan benteng dari bencana tsunami.

“Tahun 2019, sebagai bagian dari Peringatan 74 tahun TNI AL, kami telah menanam 300.074 pohon mangrove di seluruh Indonesia,” ucap Arif.

Direktur Eksekutif Yayasan Belantara Sri Mariati menyatakan, pihaknya mendukung langkah Indonesia untuk merehabilitasi mangrove, khususnya di klaster pesisir timur Sumatera. Upaya yang dilakukan Yayasan Belantara melibatkan 8 desa seluas 51,16 ha. “Berbasis masyarakat, inisiatif rehabilitasi mangrove yang kami kembangkan diharapkan bisa memperkuat ketahanan masyarakat dari perubahan iklim,” ujarnya.

Sri mengingatkan, mangrove perlu dipulihan karena mampu menyerap dan menyimpan karbon dalam jumlah besar, yang berarti bermanfaat dalam pengendalian perubahan iklim. Data KLHK menunjukkan, hutan sekunder mangrove masih mampu menimpan 54,1-182,5 ton karbon/ha.

Sri Mariati menyatakan, aktivitas pemulihan mangrove yang dilakukan bukan sekadar penanaman pohon tapi juga pemanfaatan produk mangrove berkelanjutan dan ekowisata. Pihaknya akan terus melanjutkan dukungan rehabilitasi mangrove hingga mencapai 200 ha di sejumlah desa binaan tahun 2024.

Sementara itu, dalam sambutannya Menteri Siti menyatakan dirinya gembira dengan bertambah luasnya mangrove di Indonesia. Menurut Menteri, mangrove menyimpan karbon 3-5 kali lebih tinggi dari hutan tropis. Upaya perlindungan mangrove yang dikategorikan sebagai blue karbon, juga sejalan dengan pelaksanaan konferensi perubahan iklim tahun ini sebagai Blue COP, merujuk pada upaya mempertahankan gas rumah kaca yang ada di lautan.

Menteri Siti menyatakan sebagai bentuk komitmen dalam melindungi mangrove, Indonesia menjadi sponsor terbitnya resolusi perlindungan mangrove pada pertemuan k- 4 Badan PBB untuk Lingkungan hidup UNEA di Nairobi, Kenya, pertengahan tahun ini. “Indonesia juga sedang mendorong persiapan pembangunan pusat mangrove dunia,” katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hadiah Kursi Roda dari Puan Bahagiakan Ibu dari Anak Penderita Polio

Petani bunga di Badung, Bali, Ni Ketut Ratko sangat gembira menerima bantuan kursi roda untuk anaknya yang menderita polio.

NEWS | 30 September 2022

DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

Pemprov DKI Jakarta mengatakan, pembangunan rusun (rumah susun) di Pulau G kemungkinan akan dilakukan oleh pihak swasta.

NEWS | 30 September 2022

Ali Ibrahim Undang Presiden Jokowi Buka Sail Tidore 2022

Ali Ibrahim mengundang dan meminta secara khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk hadir dan membuka acara Puncak Sail Tidore pada November 2022.

NEWS | 29 September 2022

DPR Siap Tunjukkan Komitmen Indonesia Kurangi Emisi

DPR siap menjadi tuan rumah perhelatan The 8th G-20 Parliamentary Speaker Summit (P-20) yang akan diselenggarakan pekan depan.

NEWS | 29 September 2022

UBK Kerja Sama dengan Persatuan Alumni GMNI

UBK melakukan kerja sama dengan Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia

NEWS | 29 September 2022

Moeldoko Dorong Swasta Terlibat Percepatan Vaksinasi Covid-19

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mendorong keterlibatan pihak swasta dalam percepatan vaksinasi Covid-19.

NEWS | 29 September 2022

Komnas HAM Harap Jaksa Maksimal Dakwa Ferdy Sambo Cs

Komnas HAM berharap jaksa bisa menyusun dakwaan terhadap para tersangka secara maksimal.

NEWS | 29 September 2022

Peraturan Menkumham, Masa Berlaku Paspor Menjadi 10 Tahun

Masa berlaku paspor dari semula lima tahun diubah menjadi 10 tahun. Hal ini diatur dalam Peraturan Menkumham Nomor 18 Tahun 2022.

NEWS | 29 September 2022

Polri Kirim Surat Pemecatan Ferdy Sambo ke Sekmil Presiden

Polri telah mengirim berkas putusan pemecatan mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo ke Sekretariat Militer (Sekmil) Presiden.

NEWS | 29 September 2022

Soal Mobil Dinas Listrik, Pemprov DKI Punya 2 Pilihan

Pemprov DKI akan melakukan 2 pilihan terkait mobil dinas listrik. Dua pilihan itu, adalah memodifikasi kendaraan dinas lama dan membeli mobil listrik.

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Wall Street Melemah, S&P 500 Anjlok ke Level Terendah 2022

Wall Street Melemah, S&P 500 Anjlok ke Level Terendah 2022

EKONOMI | 2 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings