Dipercaya Lagi Masuk Wantimpres, Sidarto: Suatu Kehormatan

Dipercaya Lagi Masuk Wantimpres, Sidarto: Suatu Kehormatan
Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Sidarto Danusubroto memberikan sambutan saat saat membuka forum pengajian Sejuk dengan tema "Islam Cinta dari Murcia" di kampus UIN Jakarta, Selasa, (5/12). ( Foto: David Gita Roza )
Carlos KY Paath / JAS Jumat, 13 Desember 2019 | 09:29 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Mantan Ketua MPR Sidarto Danusubroto kembali dipercaya masuk dalam jajaran Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). Sidarto merasa terhormat dapat bertugas lagi sebagai Wantimpres.

“Ini suatu kehormatan bagi saya. Usia saya tidak muda lagi. Jadi ini kehormatan bagi saya atas kepercayaan yang diberikan Presiden Jokowi (Joko Widodo),” kata Sidarto kepada Beritasatu.com, Jumat (13/12/2019).

Sidarto yang berusia 83 tahun, berkomitmen menjalankan amanah yang diberikan oleh Presiden. “Saya berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara. Mohon doa restu,” ucap mantan ajudan Presiden Pertama, Sukarno tersebut.

Pelantikan anggota Wantimpres direncanakan berlangsung pukul 14.30 WIB di Istana Negara, Jakarta, Jumat (13/12/2019). “Dilantik siang ini. Nama-nama lain saya belum tahu. Hanya yang saya tahu, Pak Wiranto, Pak Arifin Panigoro, Pak Agung Laksono,” ungkap Sidarto.

Pada bagian lain, Sidarto menjelaskan, Undang-Undang (UU) Nomor 19/2006 tentang Wantimpres telah mengatur tugas-tugas lembaga yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden itu. Menurut Sidarto, Wantimpres bertugas untuk memberikan nasihat dan pertimbangan.

“Nasihat dan pertimbangan dapat diberikan secara perorangan maupun satu kesatuan dan pertimbangan seluruh anggota Wantimpres kepada Presiden dalam menjalankan kekuasaan pemerintahan negara,” ujar Sidarto.

Sidarto menambahkan, Wantimpres dilarang memberikan keterangan maupun pernyataan dan menyebarluaskan isi dari nasihat maupun pertimbangan yang disampaikan untuk Presiden. “Sifatnya rahasia, tidak bisa dipublikasi,” tegas Sidarto.

Sidarto pun menyebut, “Wantimpres bebas menyampaikan masukan yang terbaik untuk masyarakat, bangsa, dan negara. Semua untuk kebaikan bangsa itu perlu dan wajib disampaikan masing-masing anggota.”

Sementara itu, politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Eva Kusuma Sundari mengatakan, keberadaan Wantimpres sangat penting. Eva berkaca pada aktivitas yang dijalankan Sidarto pada periode pertama pemerintahan Presiden Jokowi.

“(Wantimpres) bisa aktif mencari info, acara individu atau menerima penugasan dari Presiden. Kalau melihat aktivitas Pak Sidarto, maka banyak sumbatan yang terurai oleh peran Wantimpres yang amat membantu tugas Presiden,” kata Eva.

Sumber Beritasatu.com menyebut anak Mooryati Soedibyo, Putri Kuswisnu Wardhani, juga menjadi salah satu anggota Wantimpres. Putri merupakan Presiden Direktur dan CEO PT Mustika Ratu. Putri menggantikan posisi ibunya dalam memimpin perusahaan produk kecantikan tersebut.



Sumber: Suara Pembaruan