Temui Mahfud, Prabowo Bahas Kelanjutan Kontrak Alutsista Luar Negeri

Temui Mahfud, Prabowo Bahas Kelanjutan Kontrak Alutsista Luar Negeri
Prabowo Subianto. (Foto: Antara)
Robertus Wardy / CAH Jumat, 13 Desember 2019 | 16:33 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menemui Menko Polhukam Mahfud MD di Kemko Polhukam, Jakarta, Jumat (13/12/2019). Usai pertemuan, Prabowo mengatakan pertemuannya dengan Mahfud membahas kelanjutan berbagai kontrak kerja sama Alutsista luar negeri yang masih belum terrealisasi.

"Salah satunya ada masalah dengan beberapa kontrak lama di luar negeri. Ini kita perintah bapak presiden," kata Prabowo usai pertemuan.

Ia menjelaskan pekan depan, dirinya mengundang Mahfud untuk ke Kementerian Pertahanan (Kemhan). Pada kesempatan itu, dia akan memamparkan program Kemhan. Kemudian menunjukkan berbagai kemajuan Alutsista yang ada hingga saat ini.

"Saya baru saja menghadap Menko Polhukam pak Mahfud, tentunya saya minta petunjuk. Ada beberapa masalah saya laporkan, dan mungkin minggu depan saya akan mengundang beliau kesempatan pertama untuk ke Kemhan. Kita akan paparan lebiih rinci kondisi yang ada. Tadi sepintas saya sudah lapor ke beliau, masalah-masalah pokok yang kita hadapi," jelasnya.

Menurutnya, Presiden Jokowi meminta dirinya dan Mahfud untuk menegosiasi ulang berbagai rencana kontrak Alutsisa dengan negara luar. Jokowi menganggap sejumlah draf kontrak yang ada masih sangat mahal

"Ya Alutsista dianggap mungkin terlalu mahal. Sedang ditinjau kembali, kita sedang mereview, mengkaji. Kita diperintah menego kembali begitu oleh bapak presiden. Ya kita kan pelaksana, jadi ya kita harus pandai-pandai untuk menjaga kepentingan nasional," tutupnya. 



Sumber: Suara Pembaruan