Kapal Pengangkut Pasir Tenggelam di Perairan Tanjung Pandan

Kapal Pengangkut Pasir Tenggelam di Perairan Tanjung Pandan
Ilustrasi kapal tenggelam ( Foto: Istimewa )
Thresa Sandra Desfika / RSAT Sabtu, 14 Desember 2019 | 20:36 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Tanjung Pandan menerbitkan notice to marine atau pemberitahuan kepada nakhoda kapal yang melintasi perairan Tanjung Pandan. Hal tersebut karena adanya kapal tongkang bermuatan pasir tenggelam pada Sabtu (14/12/2019).

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Ahmad mengatakan, kapal tongkang tersebut tenggelam dan tidak menimbulkan korban jiwa namun lokasi tenggelamnya kapal tongkang tersebut dapat mengganggu pelayaran.

"Notice to marine diterbitkan karena ada kapal tongkang bermuatan pasir tenggelam sehingga nakhoda kapal yang melintasi perairan tersebut agar berhati-hati ketika bernavigasi dan utamakan keselamatan pelayaran," terang Ahmad dalam keterangannya, Sabtu (14/12/2019).

Ahmad juga menjelaskan bahwa Kemenhub sangat mengutamakan keselamatan pelayaran sebagaimana arahan Direktur Jenderal Perhubungan Laut yang menginstruksikan para syahbandar dan marine inspector agar melaksanakan pemeriksaan kapal sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku.

"Oleh sebab itu, instruksi Dirjen Perhubungan Laut untuk keselamatan pelayaran dengan pemeriksaan kapal sesuai aturan agar dilaksanakan tanpa kompromi dan bagi kapal yang tidak memenuhi kelaiklautan kapal maka surat persetujuan berlayarnya tidak akan diterbitkan. Keselamatan pelayaran harus diutamakan dan merupakan tanggung jawab kita bersama," tutup Ahmad.



Sumber: Investor Daily