Komunitas Seniman Ikut Tangkal Radikalisme

Komunitas Seniman Ikut Tangkal Radikalisme
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Suhardi Alius (keempat dari kiri) bersama dengan komunitas seniman di Bandung, Sabtu (14/12/2019). ( Foto: istimewa )
/ BW Sabtu, 14 Desember 2019 | 23:47 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Suhardi Alius menyambut baik komunitas seniman yang ikut memperkuat nasionalisme guna menangkal radikalisme.

Suhardi mengatakan hal itu dalam dialog kebangsaan dengan tema Intoleransi dan Radikalisme dalam Perspektif Kebudayaan yang dihadiri puluhan seniman dan budayawan ini berlangsung di NuArt Sculpture Park Bandung, Sabtu (14/12/2019).

"Sekarang komunitasnya (seniman dan budayawan) ini luar biasa, beragam, dari berbagai macam komunitas juga tadi di sini ada perwakilannya. Ternyata responsnya sangat baik. Tentunya kita berharap banyak yang seperti ini dan tidak boleh berhenti. Karena ini adalah komunitas yang mendukung kita untuk mereduksi itu (intoleransi dan radikalisme),” ujarnya.

Dengan banyak dan kuatnya komunitas seniman maupun budayawan, mantan Kapolda Jawa Barat ini juga meminta mereka untuk dapat menyebarluaskan dan mensosialisasikan pentingnya hidup dalam keberagaman demi menjaga persatuan.

Ia mengatakan, budaya yang dimiliki bangsa Indonesia sesungguhnya adalah budaya yang sangat majemuk dan beragam, karena Indonesia ini terdiri dari berbagai macam suku, bahasa, dan juga budaya. Namun, bermacam perbedaan yang dimiliki bangsa ini dirusak oleh intoleransi dan radikalisme negatif yang semakin menguat.

"Dengan suku, bahasa, dan budaya kita yang beragam ini seharusnya masalah intoleransi ini harus sudah selesai. Karena di bangsa ini ada hal lain yang perlu diurusi seperti berkompetisi dengan negara lain di seluruh dunia. Kalau kita sibuk dengan masalah itu (perbedaan) saja dan tidak bisa diselesaikan dengan baik, akan sulit kita untuk berkompetisi,” katanya.

Oleh karena itu, mantan Kabareskrim Polri ini menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan oleh para budayawan dalam rangka menguatkan kembali semangat kebangsaan bangsa. Apalagi para seniman dan budayawan memiliki komunitas yang beragam dan dan kuat di daerahnya.



Sumber: ANTARA