Rektor UI Lantik 4 Wakil Rektor dan Kepala Badan

Rektor UI Lantik 4 Wakil Rektor dan Kepala Badan
Pelantikan empat Wakil Rektor, Sekretaris Universitas, dan Kepala Badan periode 2019 – 2024 dilantik Rektor UI Ari Kuncoro. Serah Terima serta Angkat Sumpah Jabatan dilakukan pada Senin (16/12/ 2019) di Gedung Rektorat UI, Kampus Depok, Jawa Barat. (Foto: Suara Pembaruan/Bhakti Hariani)
Bhakti Hariani / CAH Senin, 16 Desember 2019 | 14:08 WIB

Depok, Beritasatu.com - Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro melantik Sekretaris Universitas, empat Wakil Rektor, dan Kepala Badan periode 2019 – 2024. Pelantikan, Serah Terima serta Angkat Sumpah Jabatan dilakukan pada Senin (16/12/ 2019) di Gedung Rektorat UI, Kampus Depok, Jawa Barat.

Pelantikan disaksikan oleh Ketua Senat Akademik UI Nachrowi Djalal Nachrowi, Ketua Dewan Guru Besar UI Harkristuti Harkrisnowo, serta dihadiri oleh Ketua Majelis Wali Amanat UI Saleh Husin dan para pimpinan di lingkungan Pusat Administrasi serta Fakultas/ Program/ Sekolah di UI.

Keempat Wakil Rektor UI tersebut adalah Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Rosari Saleh, Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Logistik Vita Silvira, Wakil Rektor Riset dan Inovasi Abdul Haris, Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset Muhammad Luthfi Zuhdi, serta Sekretaris Universitas Agustin Kusumayati.

Terdapat pula penambahan Badan baru di UI yaitu Badan Kerjasama, Ventura dan Digital yang dikepalai oleh Dedi Priadi.

Rektor UI Ari Kuncoro menuturkan, pergantian pejabat adalah hal yang lumrah. "Satu institusi tidak pernah belajar, namun yang belajar adalah orang-orang di dalamnya. Seperti halnya overlapping model yang mengasumsikan bahwa dalam satu periode kehidupan tertentu, hidup individu-individu dari generasi yang berbeda, dan mereka akan saling berinteraksi. Demikian pula dalam sebuah organisasi, terdapat pergantian dan tercipta transfer knowledge di dalam tubuh organisasi," ujar Ari.

Lebih lanjut dikatakan Ari, saat ini Perguruan Tinggi tengah mencari jati diri dikarenakan perubahan zaman. "Dahulu, jika kita berjalan mengikuti SOP maka akan baik-baik saja. Namun sekarang, jika kita berjalan hanya dengan mengikuti SOP tanpa melihat perkembangan zaman, maka kita tidak akan baik-baik saja. Untuk itu, dibutuhkan organisasi yang flat/struktur datar agar dapat mendukung arus komunikasi yang cepat dan tepat," tutur Ari.

Rektor UI berharap pelantikan ini mampu me-manage perubahan struktur ini dan bersama-sama menjadikan UI yang senantiasa melakukan continuous improvement.

Pelantikan dan Serah Terima Jabatan didasarkan atas Surat Keputusan Rektor nomor 2602 – 2607/SK/R/UI/2019 tentang Pengangkatan Sekretaris Rektor, Para Wakil Rektor, dan Kepala Badan. Adapun Wakil Rektor UI terdahulu pada Periode 2014-2019 adalah Bambang Wibawarta (Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan), Sidharta Utama (Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Administrasi Umum), Rosari Saleh (Wakil Rektor Riset dan Inovasi), Dedi Priadi (Wakil Rektor Bidang SDM dan Kerjasama).

Prof. Rosari Saleh merupakan Guru Besar UI bidang Ilmu Fisika yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Rektor UI bidang Riset dan Inovasi. Wakil Rektor Vita Silvira merupakan pengajar di Departemen Akuntansi FEB UI yang juga sebelumnya menjabat sebagai Wakil Dekan II FEB UI. Berikutnya, Wakil Rektor Prof. Abdul Haris merupakan Guru Besar UI bidang Ilmu Fisika yang sebelumnya menjabat sebagai Dekan FMIPA UI. Wakil Rektor Luthfi Zuhdi sebelumnya menjabat sebagai Direktur Sekolah Kajian Stratejik dan Global UI.

Sedangkan Sekretaris Universitas Agustin Kusumayati sebelumnya merupakan Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat UI. Selanjutnya, Dedi Priadi merupakan Guru Besar UI bidang ilmu Metalurgi yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Rektor UI Bidang SDM dan Kerjasama. 



Sumber: Suara Pembaruan