Panglima TNI dan Kapolri Jamin Perayaan Natal Aman

Panglima TNI dan Kapolri Jamin Perayaan Natal Aman
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz memeriksa pasukan saat apel gelar pasukan TNI/Polri pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020 di Lapangan Benteng Medan. ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Arnold H Sianturi / RSAT Kamis, 19 Desember 2019 | 14:48 WIB

Medan, Beritasatu.com - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meyakini perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar. Hal ini berdasarkan kesiapan  yang dilakukan TNI/Polri bersama pemerintah dan dibarengi sinergi dan kerja sama seluruh komponen yang ada.

"Dan yang tidak kalah penting dengan keterlibatan dan partisipasi seluruh masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungannya masing-masing," ujar Panglima TNI saat memimpin apel gelar pasukan TNI/Polri bersama pemerintah di Lapangan Benteng Medan, Kamis (19/12/2019).

Selain Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis juga turut memimpin apel gelar pasukan yang juga dihadiri oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) dan ribuan anggota TNI/Polri.

Panglima mengatakan, pengabdian yang tidak kenal lelah demi kepentingan masyarakat luas. Pengabdian tulus tersebut tentunya tidak terlepas dari kebanggaan dan kehormatan dalam melaksanakan tugas. Oleh karena itu, sendi kehidupan berbangsa dan bernegara harus terus diperkuat.

"Di era yang diwarnai dengan komunikasi digital dan media sosial ini, sudah selayaknya untuk memperkuat sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara. Gotong royong, toleransi, saling menghargai, serta kepedulian sosial tidak harus tercabut dari akar budaya bangsa hanya karena teknologi,” tegasnya.

Ditambahkan, kemajuan teknologi seyogyanya mempererat persatuan dan kesatuan bangsa yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. Oleh karena itu, TNI/Polri bersama pemerintah dan seluruh elemen masuarakat dapat memanfaatkan komunikasi digital dan media sosial dalam berkoordinasi, menggalang jaringan sosial yang kuat.

“Dengan demikian upaya deteksi dini, cegah dini, temu cepat dan lapor cepat dapat berjalan dengan lebih baik. Saya bangga melihat generasi muda Indonesia terpanggil untuk turut mengamankan Natal dan Tahun Baru. Kesadaran semacam ini tentunya harus dipupuk dan dikembangkan di masyarakat luas," imbuhnya.

Kepada generasi muda, Panglima mengajak generasi penerus bangsa menjiwai semangat persatuan dan kesatuan dalam kebinekaaan, serta menyiapkan diri menjadi sumber daya manusia yang berkualitas. Generasi milenial harus bisa menatap tahun 2020 dengan penuh optimisme.

"Semangat baru untuk membangun negara ini dalam suasana demokratis, sikap yang dewasa, serta menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa. Mari kita doakan bersama agar perayaan Natal tahun 2019 dan pergantian tahun nanti berjalan dengan aman dan lancar," katanya.

Kapolri Jenderal Idham Azis menyampaikan,  Polri bersama TNI tetap solid untuk melaksanakan pengamanan saat perayaan Natal dan penyambutan tahun baru. Bersama pemerintah, organisasi kemasyarakatan dan elemen masyarakat, TNI dan Polri dapat menjamin kenyamanan masyarakat.

"Saya minta kepada seluruh anggota Polri yang melaksanakan tugas melakukan pengamanan supaya tulus, ikhlas dan bersungguh - sungguh melakukan pengamanan. Kita mengapresiasi masyarakat yang mengambil peranan dalam membantu TNI/Polri bersama pemerintah mengamankan perayaan Natal dan tahun baru," ujarnya Kapolri.



Sumber: Suara Pembaruan