Saksikan Pelantikan Firli Cs, Pimpinan KPK Gunakan Bus dan Dikawal Brimob

Saksikan Pelantikan Firli Cs, Pimpinan KPK Gunakan Bus dan Dikawal Brimob
Ketua KPK Agus Rahardjo (kedua kiri) didampingi Wakil Ketua Basaria Panjaitan (tengah), Alexander Marwata (kanan), Saut Situmorang (kedua kanan), dan Laode M. Syarif (kiri) mengangkat tangan bersama sebelum memberikan keterangan kepada wartawan mengenai laporan kinerja KPK periode 2016-2019 di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (17/12/2019). Sebanyak 608 koruptor dari berbagai unsur dan enam korporasi telah dijerat KPK selama 2016-2019. ( Foto: ANTARA FOTO / Indrianto Eko Suwarso )
Fana Suparman / WM Jumat, 20 Desember 2019 | 11:51 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com - Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jilid IV berangkat bersama-sama dari Gedung KPK menuju Istana Negara, Jakarta untuk menyaksikan pelantikan Pimpinan Jilid V, Jumat (20/12/2019).

Sekitar pukul 11.30 WIB, sebuah bus berwarna biru terlihat keluar area parkir Gedung KPK. Bus tersebut dikawal oleh sejumlah anggota Brimob menggunakan tiga sepeda motor dan satu unit mobil. Namun, tak terlihat dengan jelas siapa saja yang berada dalam bus tersebut.

Dikonfirmasi sebelumnya, Lili Pintauli Siregar mengatakan, Pimpinan Jilid IV dan Jilid V akan bersama-sama menuju Istana Negara. Mereka akan menggunakan bus.

"Iya semua bareng dengan bus," katanya.

Komisioner KPK Jilid IV, Laode M Syarif sebelumnya mengatakan, dirinya bersama pimpinan Jilid IV lainnya akan ikut menyaksikan pelantikan tersebut. Bahkan Syarif, Agus Rahardjo, Saut Situmorang dan Basaria Panjaitan akan berangkat bersama-sama dari Gedung KPK menuju Istana Negara. Mereka akan menyaksikan Firli Bahuri, Lili Pintauli Siregar, Alexander Marwata, Nurul Ghufron dan Nawawi Pomolango dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Pimpinan KPK periode 2019-2023.

"Iya kami bareng-bareng (bersama pimpinan KPK terpilih) ke Istana dari kantor (KPK)," kata Syarif di Gedung ACLC, Jakarta, Kamis (19/12/2019).

Setelah pelantikan di Istana, kata Laode, para pimpinan KPK langsung kembali ke Kantor KPK. Pimpinan Jilid IV akan melaksanakan serah terima jabatan (sertijab) kepada Firli Cs.

"Dari Istana kembali lagi untuk sertijab," katanya.

Saat sertijab nanti, Pimpinan KPK Jilid IV akan menyerahkan memori sertijab kepada Pimpinan Jilid V. Dalam memori itu, Agus Rahardjo Cs telah mencantumkan sejumlah perkara korupsi yang menjadi pekerjaan rumah pimpinan periode 2019-2023. Syarif berharap Firli dan empat pimpinan lainnya mampu menuntaskan kasus-kasus tersebut, terutama sejumlah kasus yang menyedot perhatian masyarakat seperti kasus Garuda dan BLBI.

"Jadi tolong dibantu Komisioner yang akan datang mengawal itu dengan baik," katanya.



Sumber: Suara Pembaruan