Masyarakat Tani Simalungun Deklarasikan PKTMS

Masyarakat Tani Simalungun Deklarasikan PKTMS
Pemerintah Kabupaten Simalungun mendorong perbaikan kesejahteraan para petani dengan mendeklarasikan Perkumpulan Kelompok Tani Masyarakat Simalungun (PKTMS). ( Foto: istimewa )
Chairul Fikri / CAH Sabtu, 21 Desember 2019 | 18:34 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah Kabupaten Simalungun mendorong perbaikan kesejahteraan para petani dengan mendeklarasikan Perkumpulan Kelompok Tani Masyarakat Simalungun (PKTMS). Diharapkan perkumpulan ini akan mampu menjembatani aspirasi masyrakat tani dan juga pemerintah guna perbaikan kesejahteraan mereka.

Acara deklarasi yang dihadiri oleh ratusan petani dari berbagai daerah di Simalungun dan juga dihadiri Kadis Perdagangan dan Industri Provinsi Sumatera Utara, Ir. H. Zonny Waldi

"Diharapkan kelompok tani yang sudah dideklarasikan ini turut membantu kemajuan pertanian di Sumatera Utara. Dimana dengan adanya PTKMS ini diharapkan akan jadi organisasi yang bisa digunakan masyrakat petani di Simalungun untuk berdiskusi dan menjadi wadah yang bisa memajukan pertanian di Sumatera Utara," ujar Zonny Waldi dalam keterangannya Sabtu (21/12/2019).

Ditambahkan Dewan Pembina PKTMS, Bambang Haryanto, dibentuk dan dideklarasikannya PKTMS bertujuan guna membantu permasalahan- permasalahan yang ada pada petani di Simalungun. Termasuk masalah sengketa tanah antara petani dengan pihak PTPN IV, yang mana sampai saat ini tanah masih dikuasai pihak PTPN IV Sumatera Utara.

"Perlu diketahui bahwa petani mempunyai SK Pansus DPR RI tahun 2004 yang ditanda tangani oleh pimpinan Pansus I Nyoman Gunawan. Yang mana lahan tanah sengketa seluas 4572 hektar sudah dilepas dari PTPN IV dan dibagikan kepada masyarakat. Dan kehadiran PTKMS ini diharapakan akan mampu mengakomodir petani dalam memperjuangkan hak-haknya baik itu dalam hal kebutuhan petani, juga dalam hal perjuangan merebut kembali tanah milik petani yang selama ini dikuasai oleh pihak lain," tandasnya.



Sumber: BeritaSatu.com