Polisi Berlakukan Satu Arah Menuju Bogor

Polisi Berlakukan Satu Arah Menuju Bogor
Sejumlah kendaraan memadati jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (21/12/2019). Memasuki libur Natal dan Tahun Baru 2020 wisatawan mulai memadati jalur Puncak Bogor. Polres Bogor memberlakukan rekayasa lalu lintas sistem buka tutup serta contraflow di Tol Jagorawi untuk mengurai kemacetan. ( Foto: ANTARA FOTO / Yulius Satria Wijaya )
/ YUD Rabu, 25 Desember 2019 | 17:30 WIB

Cianjur, Beritasatu.com - Menjelang sore hari, Rabu (25/12/2019), Polres Cianjur, Jawa Barat, memberlakukan sistem satu arah menuju Bogor mulai dari Jalan Raya Cipanas hingga pintu tol Gadog-Ciawi. Satu arah diberlakukan sebagai upaya antisipasi terjadinya antrean kendaraan di Jalur Puncak-Cipanas.

"Hingga sore menjelang arus kendaraan terpantau ramai lancar, namun untuk mengantisipasi terjadinya peningkatan volume kendaraan menjelang tutupnya tempat wisata, diberlakukan sistem satu arah menuju Bogor," kata Kasat Lantas Polres Cianjur, AKP Ricky Adhipratama kepada wartawan, Rabu (25/12/2019).

Ia menjelaskan sejak pagi hingga sore menjelang volume kendaraan yang melintas di Jalur Puncak-Cipanas terpantau ramai lancar. Bahkan tidak terlihat antrean di sejumlah titik rawan kemacetan, seperti di Pertigaan Hanjawar atau Kebun Raya Cibodas, meskipun volume kendaraan meningkat.

Namun pihaknya telah menempatkan puluhan anggota dan menyiagakan anggota di masing-masing pospam (pos keamanan) untuk melakukan rekayasa saat terjadi antrean dengan laju kendaraan tersendat di masing-masing jalur.

"Tapi sampai diberlakukan sistem satu arah, tidak terlihat adanya antrean di sepanjang Jalur Puncak-Cipanas. Saat ini hingga malam menjelang sistem satu arah masih diberlakukan menuju Bogor," katanya.

Hal yang sama, tutur dia, terlihat di Jalur Bandung-Cianjur, volume kendaraan yang melintas ramai lancar tidak ada antrean kendaraan yang berarti di sejumlah titik rawan seperti Jalan Raya Sukaluyu-Cianjur atau Pasar Ciranjang.

"Kami sudah mengimbau seluruh jajaran untuk turun langsung mengurai antrean, agar tidak menyebabkan macet total. Namun hingga malam menjelang jalur Bandung-Cianjur, terpantau ramai lancar," katanya.



Sumber: ANTARA