Banjir Bandang Terjang Labuhan Batu Utara

Banjir Bandang Terjang Labuhan Batu Utara
Banjir bandang. ( Foto: Beritasatu Photo / Arnold Sianturi )
Arnold H Sianturi / WBP Minggu, 29 Desember 2019 | 12:44 WIB

Medan, Beritasatu.com - Banjir bandang menerjang Dusun Siriaria, Desa Pematang, Kecamatan Na IX-X, Kabupaten Labuhan Batu Utara, Sumatera Utara (Sumut), Minggu (29/12/2019). Belum ada laporan korban jiwa. Namun tiga rumah hanyut terbawa arus.

Banjir besar akibat meluapnya Sungai Lubuk Natiko dan Sungai Siria-Ria, juga membawa material kayu dan batu. Banjir itu juga mengakibatkan jembatan penghubung Dusun Padang Nabidang menuju Dusun Siria-Ria terputus total.

"Tim sudah turun dan sedang bekerja di lokasi bencana, melakukan pengkajian selain memberikan pertolongan terhadap korban bencana di Dusun Siriaria," ujar Kepala Pelaksana Badan Penangguangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Utara, Riadhil A Lubis.

Riadhil menyampaikan, pihaknya membutuhkan alat berat untuk membersihkan material batu dan gelondongan kayu yang banyak ditemukan di pemukiman warga pascabanjir bandang tersebut.

"Petugas BPBD bersama dengan TNI dan Polri sudah melakukan koordinasi membantu korban bencana," kata Riadhil A Lubis.

Selain Dusun Siriaria, banjir besar juga terjadi di Dusun Aek Pala, Desa Janji, Kabupaten Labuhan Batu. Sebanyak 11 unit rumah terendam air. Petugas sudah turun membantu korban bencana.



Sumber: Suara Pembaruan