Kemdikbud Tetapkan "Milenial " Jadi Kata Terpopuler 2019

Kemdikbud Tetapkan
Pelaksana Tugas (Plt) Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud, Dadang Sunendar. ( Foto: Beritasatu Photo / Maria Fatima )
Maria Fatima Bona / WBP Senin, 6 Januari 2020 | 22:00 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menetapkan, kata "milenial" sebagai Kata Tahun Ini (KTI) atau kata terpopuler pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dalam jaringan atau daring sepanjang 2019.

Pelaksana Tugas (Plt) Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud, Dadang Sunendar mengatakan, total pencarian kata milenial pada tahun 2019 sebanyak 19.834 kata berdasarkan data terakhir atau 30 Desember 2019. “Menurut Google Trends, kata milenial memiliki pencarian terbanyak sepanjang 2019 dengan jumlah pengguna tertinggi pada bulan Maret 2019,” kata Dadang dalam Taklimat Media Kata Tahun Ini (KTI) 2019 di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Senin (6/1/2020).

Dadang menambahkan, tingginya pencarian kata tersebut karena kata milenial memiliki makna berkaitan dengan milenium. Kedua berkaitan dengan generasi yang lahir di antara tahun 1980-an dan 2000-an serta kata milenial menandai berbagai peristiwa. Selain itu, penggunaan kata milenial ini juga untuk mengindentifikasikan perilaku dan generasi yang memiliki karaktersitik tertentu. Misalnya, dalam ungkapan anak milenial, generasi milenial, gaya milenial, dan bahasa milenial.

Dadang menyebutkan, masifnya masyarakat yang terlibat dalam suatu acara yang bertajuk milenial mendorong jumlah pencarian kata tersebut terpopuler di Google. Pasalnya, penggunaan kata milenial ini digunakan oleh berbagai kalangan baik dalam komunikasi lisan maupun komunikasi tulisan di media sosial (medsos) di seluruh wilayah mulai pejabat hingga masyarakat umum.

“Muncul kata milenial ini semacam babak baru dalam penyebutan generasi yang dikaitkan dengan kemampuannya dalam penguasaan dan penggunaan teknologi informasi, seperti komputer, internet dan ponsel dengan pengembangan varian aplikasinya. Kata milenial ini juga mewakili perubahan sosial dan kultural di masyarakat,”ujar Dadang Sunendar.

Pada kesempatan sama, Dadang menyebutkan, selain milenial, kata-kata yang paling sering dicari lewat mesin pencari google sepanjang 2019 ada 14 kata yakni aktivitas, analisis, daring, efektif, izin, kerja sama, literasi, memengaruhi, objek, praktik, resiko, risiko, sistem dan survei.

Khusus 2020 ini, Dadang menuturkan, Kemdikbud akan kembali mengeluarkan KTI pada Oktober mendatang. Meski masih lama, Dadang meyakini, untuk tren 2020 ini kata milenial berpotensial untuk bertahan sebagai kata populer.

Adapun pertimbangannya meliputi; penggunaan generasi milenial untuk mengindetifikasi generasi produktif yang memiliki kontribusi sosial dan kemampuan teknologi yang baik. Kedua, adanya berita yang membahas atau berita yang ditulis oleh generasi milenial cukup banyak beredar di masyarakat. Ketiga, kata milenial sering diasosiasikan pada kebaruan dan kemodernan.



Sumber: Suara Pembaruan