Usung Smart City, Pekanbaru Jadi Kota Percontohan

Usung Smart City, Pekanbaru Jadi Kota Percontohan
Wali Kota Pekanbaru Firdaus ( Foto: Beritasatu TV )
Aichi Halik / AHL Jumat, 10 Januari 2020 | 21:34 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kota Pekanbaru sebagai sebuah smart city telah berkontribusi dengan meraih peredaran uang terbesar di Indonesia di luar pulau Jawa berkat berbagai kegiatan jasa, perdagangan dan industri (MICE dan manufaktur).

Karena pencapaiannya, Presiden Joko Widodo menyatakan Pekanbaru sebagai kota masa depan yang berperan sebagai Ibu Kota dari pulau Sumatera.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus mengatakan, keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras pemerintah bersama seluruh elemen masyarakat kota Pekanbaru dalam membangun ibukota Provinsi Riau dan mewujudkan Pekanbaru sebagai Smart City Madani.

"Menurut kami ekonomi yang cerdas adalah sinergi antara kekuatan ekonomi kerakyatan dengan ekonomi padat modal yang dikelola secara creativity dan inovasi berbasiskan teknologi dan diperkuat dengan branding-branding," kata Firdaus kepada BeritaSatu News Channel di Jakarta, Jumat (10/1/2020).

Studi Mc. Kinsey dan Boston Consulting Group pada tahun 2012 juga membuktikan Pekanbaru memiliki prospek sebagai daerah tujuan investasi terbaik di Indonesia pada tahun 2030.

Walaupun tidak memiliki sumber daya alam sebagai modal, visi yang diusung pasangan Wali Kota dan Wakil Firdaus-Ayat pada kedua periode kepemimpinannya (2012-2017 dan 2017-2022) ini berhasil menjadikan Pekanbaru sebagai sebuah smart city madani.

Dengan mengedepankan inovasi dan kreatifitas dalam peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, kota cerdas ini berhasil meraih Indeks Pembangunan (IPM) sebesar 80,66 yang memperlihatkan tingkat pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Dengan IPM yang tertinggi di Riau (72,44) dan bahkan di atas rata-rata nasional (71,39) maupun Jakarta (80,47), perkembangan Pekanbaru patut dihargai.



Sumber: BeritaSatu TV