Pekanbaru Menuju Smart City

Pekanbaru Menuju Smart City
Firdaus. ( Foto: BeritaSatu Photo / Emral Firdiansyah )
Hotman Siregar / AB Jumat, 10 Januari 2020 | 21:29 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pekanbaru terus bekerja keras untuk menjadi kota cerdas (smart city). Salah satu upaya yang dilakukan melalui penerbitan smart card (kartu cerdas) dan menyediakan mal pelayanan publik (MPP) yang menjadi salah satu proyek percontohan di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Pekanbaru Firdaus saat berkunjung ke kantor Berita Satu Media Holdings (BSMH) di Berita Satu Plaza, Jakarta, Jumat (10/1/2020).

Kerja keras Pemerintah Kota Pekanbaru, kata Firdaus, mendapat apresiasi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurut Jokowi, Pekanbaru merupakan kota masa depan yang bisa berperan sebagai "ibu kota" Pulau Sumatera.

"Pemerintah kota bersama seluruh elemen masyarakat Kota Pekanbaru bekerja keras mewujudkan smart city dalam membangun ibu kota Provinsi Riau," katanya.

Kehadiran smart card, lanjutnya, merupakan wujud peningkatan kualitas pelayanan masyarakat. Smart card tersebut dapat digunakan untuk berbagai jenis layanan kependudukan.

"Kami ingin satu kartu untuk semua. Ini juga dari pengalaman masnyarakat menggunakan banyak kartu dalam program jaminan sosial. Itu kan tidak efisien. Smart card digunakan untuk pelayanan kesehatan dan pendidikan, juga beras dan bantuan sosial lainnya," katanya. 

Kartu tersebut juga bisa digunakan masyarakat untuk menabung. "Kami bekerja sama dengan BNI," katanya.

Program tersebut kini telah menjangkau sekitar 50.000 warga dan diharapkan dalam waktu dekat bisa menjangkau seluruh warga Pekanbaru yang kini berjumlah 1,1 juta jiwa.

"Bayi yang baru lahir pun bisa memiliki smart card," tutur Firdaus. 

 

 



Sumber: Suara Pembaruan