Masih Ada 171 Desa Tertinggal di Provinsi Bengkulu

Masih Ada 171 Desa Tertinggal di Provinsi Bengkulu
Ilustrasi desa. ( Foto: BeritaSatu Photo/Danung Arifin )
Usmin / FER Selasa, 14 Januari 2020 | 21:32 WIB

Bengkulu, Beritasatu.com - Sebanyak 171 dari 1.341 desa di Provinsi Bengkulu, sampai akhir Desember 2019 lalu masih bertatus desa tertinggal. Desa sebanyak ini, tersebar di sejumlah kabupaten dan kota di Bengkulu.

Sri Mulyani Telah Hentikan Penyaluran Dana 56 Desa Fiktif

"Berdasarkan perhitungan indeks pembangunan desa (IPD), saat ini ada 171 desa di Bengkulu, dalam katagori desa tertinggal alias desa miskin. Desa sebanyak ini berada di beberapa kabupaten di Bengkulu," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bengkulu, Syahroni, di Bengkulu, Selasa (14//2020).

Dijelaskan, desa yang masuk katagori tertinggal karena pelayanan dasarnya masih terbatas, dan kondisi infrastrukturnya masih kurang memadai, aksesibilitas/transportasi yang cukup jauh, pelayanan umum rendah, dan penyelenggaraan pemerintahan desa yang belum begitu mumpuni.

Mendes: Dana Desa Bisa Digunakan untuk Tanggap Bencana

"Rata-rata nilai IPD desa tertinggal tersebut masih dibawah 50, sehingga statusnya agar bisa menjadi desa berkembang nilai IPD harus mencapai di atas 50. Saat ini, mayoritas IPD desa di Bengkulu, di atas 50. Bahkan ada desa di Bengkulu IPD di atas 70 persen," ujarnya.

Syahroni menambahkan, Pemprov Bengkulu menargetkan bebas dari desa tertinggal 4 tahun lagi atau persisnya pada tahun 2024.

"Untuk itu, Pemprov Bengkulu akan bekerja maksimal untuk meningkatkan IPD desa tertinggal menjadi desa berkembang dan selanjutnya menjadi desa mandiri," pungkas Syahroni.

 

 

 



Sumber: Suara Pembaruan