Bermunculan Kerajaan Baru, Pengamat: Secara Pemikian Bermasalah

Bermunculan Kerajaan Baru, Pengamat: Secara Pemikian Bermasalah
Kapuspen Kementerian Dalam Negeri Bahtiar menyebut kemunculan Keraton Agung Sejagat dan Sunda Empire menandakan secara pemikiran bermasalah.
Ahmad Salman / AIS Jumat, 17 Januari 2020 | 21:06 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Awal tahun 2020, publik dikejutkan dengan munculnya sekelompok orang yang mendirikan kerajaan hingga emperor. Bahkan para pendirinya menyebutkan kerajaan yang dipimpin menguasai seluruh dunia.

Menariknya Presiden Joko Widodo menyatakan aksi sekelompok orang itu hanya untuk lucu-lucuan. Sementara Kapuspen Kementerian Dalam Negeri Bahtiar menyebut kemunculan Keraton Agung Sejagat dan Sunda Empire menandakan secara pemikiran bermasalah.

"Ini gejala sosial. Kita prihatin juga mungkin karena ketidakpahaman masyarakat kita juga," kata Bahtiar seperti dikutip program Prime Time, Jumat (17/1/2020).

Menurut Bahtiar pola seperti ini sudah beberapa kali terjadi di Indonesia. "Dibungkus dengan organisasi kemasyarakatan, dijanjikan ada dana yang bisa dibagikan kepada mereka sehingga bisa kaya mendadak dan sebagainya," jelas Bahtiar.

Terkait fenomena ini Bahtiar mengimbau masyarakat tidak mudah dipengaruhi atau bergabung dengan organisasi-organisasi yang tidak jelas tujuannya. "Bahkan ini bisa mengarah tindak pidana penipuan," ucap Bahtiar.

Bahtiar menilai bila kemudian muncul laporan masyarakat merasa dirugikan telah bergabung dengan organisasi-organisasi tersebut, maka akan memudahkan tugas aparat.



Sumber: BeritaSatu TV