Logo BeritaSatu

Museum History of Java Padukan Historis dan Kekinian

Sabtu, 18 Januari 2020 | 10:23 WIB
Oleh : Fuska Sani Evani / WBP

Yogyakarta, Beritasatu.com - Museum History of Java yang terletak di Jalan Parangtritis Km 5,5 Bangunharjo Sewon Bantul Yogyakarta, berupaya menyajikan kejutan bagi pengunjung. Termasuk dalam menyambut perayaan Tahun Baru Cina atau Imlek tanggal 25 Januari 2020. Pengunjung disuguhi nuansa museum penuh lampion dan para pemandu berkostum merah. Pengunjung pun berkesempatan mendapatkan hadiah di Pohon Angpao di komplek museum itu.

CEO Marcom DTopeng Kingdom Group selaku pengelola museum HOJ, Elly T Halsamer, Jumat (17/01/2020) memaparkan, untuk mengajak kembali generasi muda masuk museum, tidak mudah. "Diperlukan trik khusus sesuai zaman now," kata Elly T Halsamer.

Elly T Halsamer menyebutkan museum era kini harus lebih gaul, dan mengerti psikologis pegunjung. "Tidak cukup hanya menyajikan benda-benda artefak," kata dia.

Dia mengatakan, dibutuhkan kepiawaian bercerita sang Story Teller, termasuk kecanggihan digital IT, disertai sentuhan khas yang tematik. “Terutama menyongsong era modernisasi digital 4.0, museum ini juga melaunching beberapa program IT baru, salah satunya event Happening di Little Malioboro street, yang terletak satu kawasan dengan museum,” paparnya.

Direktur Humas Museum, Ki Bambang Widodo S mengatakan, museum History Of Java berusaha mengikuti perkembangan dimana pengunjung museum selalu diberi sensasi yang berbeda tiap bulannya.

Sentuhan khas yang mungkin tidak dirasakan di museum lain seperti panca indra, melihat suatu sosok dari mata, dari hidung mencium bau kembang, dari telinga mendengarkan suara suara yang berbeda dengan biasanya, hingga isak tangisan, jeritan.

Ki Bambang Widodo menyampaikan bahwa bersamaan dengan perayaan Imlek ini museum berupaya dan mengajak pengunjung mengucap syukur telah mendapat kesempatan hidup bertetangga berdampingan secara damai, bertumbuh dan berkreativitas bersama dalam suatu negara yang toleran dalam perbedaan.

Museum Histroy of Java memiliki lebih dari 200 benda bersejarah, di antaranya hiasan kayu ukiran sosok Semar yang diperkirakan dari abad 19. Semar digambarkan sebagai hakikat bagi penganut kapitayan atau kepercayaan.

Selain itu, ada tempat mencuci keris yang berasal dari abad 18, lentera dari abad 11-13 di masa Kerajaan Kediri atau Kadiri, serta figur berbentuk kepala garuda yang diperkirakan dibuat pada abad 19 di era kerajaan Cirebon.

Koleksi lainnya pataka atau panji militer yang bentuknya masih utuh dari abad 13 masa Kerajaan Majapahit. Pataka ini berbentuk trisula dengan hiasan kepala naga. Pataka tersebut merupakan peninggalan Kerajaan Singhasari yang kemudian diwariskan ke kerajaan Majapahit.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Anggota Dewan Pengawas BPKH Raih Gelar Doktor di Usakti

Anggota Dewan Pengawas BPKH Suhaji Lestiadi dikukuhkan sebagai doktor oleh Fakultas Ekonomi di Universitas Trisakti (Usakti), Jakarta, Selasa, (27/9/2022).

NEWS | 27 September 2022

Ini Tips Membeli Kamera Bekas Berkualitas

Bagi mereka yang ingin atau sudah hobi memotret dengan kamera, maka bisa memilih kamera bekas, tidak perlu mengeluarkan uang untuk kamera baru.

NEWS | 27 September 2022

Shandy Mandela Pastikan GM FKPPI Siap Wujudkan Indonesia Emas 2045

Ketua Umum GM FKPPI Shandy Mandela Simanjuntak komitmennya membawa organisasi tersebut mewujudkan Indonesia Emas 2045.

NEWS | 27 September 2022

Cegah Korupsi di MA, Firli Bahuri Sarankan Rotasi Pegawai

Ketua KPK, Firli Bahuri menyarankan sejumlah hal untuk memperbaiki sistem di MA agar kasus korupsi yang menjerat Hakim Agung Sudrajad Dimyati tidak terulang.

NEWS | 27 September 2022

Seluruh Logistik Penunjang KTT G-20 Selesai Akhir Oktober

Pemerintah Indonesia sebagai tuan rumah KTT G-20 memastikan segala kebutuhan sarana pendukung dan logistik keperluan konferensi akan terpenuhi.

NEWS | 27 September 2022

Demokrat Harap Koalisi dengan Nasdem dan PKS Segera Terwujud

Politikus Partai Demokrat Didik Mukrianto berharap koalisi dengan Nasdem dan PKS segera terwujud untuk menghadapi Pilpres 2024.

NEWS | 27 September 2022

BPET MUI: Ciptakan Kesantunan Bermedsos dengan Penguatan Akhlak

BPET MUI Muhammad Syauqillah memandang perlunya menciptakan kesantunan bermedsos dengan penguatan akhlak dan nilai-nilai Pancasila.

NEWS | 27 September 2022

Otsuka Blue Planet Bantu Pemerintah Kurangi Sampah Plastik

PT Amerta Indah Otsuka meluncurkan program Otsuka Blue Planet sebagai komitmen perseroan dalam mendukung upaya pemerintah mengurangi sampah plastik.

NEWS | 27 September 2022

PLN Batalkan Program Kompor Listrik

PLN membatalkan program pengalihan kompor LPG 3 kg ke kompor listrik. Langkah ini untuk menjaga kenyamanan masyarakat dalam pemulihan ekonomi.

NEWS | 27 September 2022

Isu Jokowi Jadi Cawapres Subianto Prabowo, Ini Respons PDIP

Ketua DPP PDIP Said Abdullah menilai Presiden Jokowi bakal tidak mau maju lagi di Pilpres 2024 dengan menjadi cawapres Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

NEWS | 27 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Surplus APBN


# Kompor Listrik


# AKBP Arif Rachman


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Shandy Mandela Pastikan GM FKPPI Siap Wujudkan Indonesia Emas 2045

Shandy Mandela Pastikan GM FKPPI Siap Wujudkan Indonesia Emas 2045

NEWS | 24 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings