PPPI Terus Kampanyekan Keselamatan Penerbangan

PPPI Terus Kampanyekan Keselamatan Penerbangan
Acara Aviation Safety Campaign 4.0 yang mengambil tema Aviation Safety Starts with me yang digelar Perhimpunan Profesi Pilot Indonesia di Terminal 3, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, 20-23 Januari 2020. ( Foto: istimewa )
Chairul Fikri / CAH Selasa, 21 Januari 2020 | 13:16 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Masih rendahnya kesadaran masyarakat saat berpergian menggunakan moda transportasi udara membuat keselamatan penerbangan di Indonesia masih jauh tertinggal dari masyarakat di dunia. Lantaran masyarakt banyak yang masih belum mengetahui peraturan-peraturan yang ada didunia penerbangan yang berakibat pengabaian faktor keselamatan dirinya sendiri.

Hal itu yang membuat Perhimpunan Profesi Pilot Indonesia (PPPI) tergerak untuk terus mengampanyekan keselamatan dan kenyamanan saat melakukan penerbangan. Salah satu kampanye yang dilakukan yakni dengan menggelar acara Aviation Safety Campaign 4.0 yang mengambil tema Aviation Safety Starts with me yang berlangsung di Terminal 3, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, 20-23 Januari 2020.

Kampanye ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang segala aspek yang ada dan berlaku dalam dunia penerbanga. 

"Sebenarnya banyak faktor yang termasuk dalam ancaman keselamatan penerbangan dan hal tersebut harus diketahui oleh masyarakat umum, terutama pengguna jasa dan masyarakat sekitar Bandar Udara. Banyak pengguna jasa penerbangan masih banyak yang belum tahu soal standar keamanan saat berpergian menggunakan jasa peawat udara. Salah satu upaya kami untuk terus mengkampanyekan keselamatan penerbangan kepada masyarakat ya dengan cara in,"  tutur Capt. Rizky Budimansyah dalam keterangan pers yang disampaikan kepada Wartawan, Selasa (21/1/2020).

Dalam kesempatan ini PPPI juga meluncurkan sebuah aplikasi keselamatan penerbangan yang diberi nama Aviation Safety 4 Reality (AVS4R).

"Dengan aplikasi, kami punya tujuan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang semua aspek yang berkaitan dengan dunia penerbangan termasuk bagaimana pengguna jasa pesawat terbang menjaga keselamatan dalam berpergian menggunakan pesawat udara," tandasnya.

Selain digelar oleh PPPI, juga mengajak serta pihak Indonesian Air Traffic Controller Association (IACTA), AirNav, dan juga stageholder lainnya dalam dunia penerbangan. Acara yang digelar kali ini juga akan dilaksanakan di lima kota besar di Indonesia yakni di Surabaya, Makasar, Bali dan juga Medan.



Sumber: BeritaSatu.com