Ruki Keluar, Agus Rahardjo Masuk Jadi Penasihat Kapolri

Ruki Keluar, Agus Rahardjo Masuk Jadi Penasihat Kapolri
Agus Rahardjo. ( Foto: Antara )
Farouk Arnaz / CAH Kamis, 23 Januari 2020 | 11:06 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kapolri Jenderal Idham Azis telah menunjuk sejumlah tokoh sebagai penasehat ahli Kapolri termasuk mantan Ketua KPK Agus Rahardjo.

Selain Agus ada 16 orang yang ditunjuk Idham dalam surat Keputusan Kapolri Kep/117/1/2020 tertanggal 21 Januari itu.

Agus menggantikan posisi eks ketua KPK Irjen (pur) Taufiequrachman Ruki. Selain Ruki ada enam nama lain yang tak diperpanjang.

Mereka adalah Irjen (pur) Aryanto Sutadi, Ronny Rachman Nitibaskara, Imam Sugema, Effendi Gazali, Arsjad Rasjid, Salim Said, dan Komjen (pur) Ismerda Lebang.

“Pak Agus menggantikan Pak Ruki. Lalu ada nama yang baru,” kata Hendardi Kamis (23/1/2020). Hendardi adalah penasihat ahli lama yang dipertahankan dan mengggawangi urusan HAM.

Seperti diberitakan, 16 nama yang lain adalah Prof Indriyanto Seno Adji (bidang hukum), Prof Indria Samego (bidang politik), Dr Chaerul Huda (hukum pidana), dan Fachry Ali (sosiologi). Lalu ada Muradi (keamanan dan poltik), Prof Hermawan Sulistyo (politik), dan Nur Kholish. (HAM).

Juga ada Irjen (pur) Sisno Adiwinoto (kepolisian), Adi Indrayanto (IT), Fahmi Alamsyah (komunikasi publik), Rustika Herlambang (medsos), dan Refli Harun (tata negara).  Selain itu ada Ifdhal Kasim (HAM), Wildan Syafitri (ekonomi), dan Andy Soebijakto (kepemudaan). Mereka mendapat honorarium Rp 11,8 juta/bulan.

 



Sumber: BeritaSatu.com