Diperiksa KPK, Komisioner KPU Mengaku Ditanya Penetapan Caleg PDIP

Diperiksa KPK, Komisioner KPU Mengaku Ditanya Penetapan Caleg PDIP
Hasyim Asy'ari. ( Foto: Antara )
Yeremia Sukoyo / YS Jumat, 24 Januari 2020 | 13:16 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari memenuhi panggilan pemeriksaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dugaan suap kasus mantan Komisioner KPU Wahyu Setiawan.

Setelah menjalani pemeriksaan, Hasyim mengaku dimintai keterangannya terkait tugas-tugasnya di KPU sebagai koordinator divisi hukum dan pengawasan.

"Saya dimintai keterangan tentang tugas-tugas saya di KPU yang berkaitan dengan perkara ini," kata Hasyim di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Selain dikonfirmasi terkait tugas-tugas di KPU, Hasyim juga mengaku diminta keterangannya terkait penetapan Caleg politisi PDIP Harun Masiku dan komunikasi dengan Wahyu Setiawan.

"Oh ada pertanyaan itu juga. Yang berkaitan dengan tugas saya. Intinya yang dimintai keterangan terkait tugas saya di KPU yang berkaitan dengan perkara ini," ungkapnya.

Dalam kasus itu sendiri KPK telah menetapkan empat orang tersangka yakni Wahyu Setiawan, mantan anggota Bawaslu Agustiani Tio Fridelina, seorang pihak swasta bernama Saeful, dan Caleg PDIP Harun Masiku.

Sebanyak tiga dari empat tersangka sudah ditahan untuk kepentingan penyidikan. Sementara untuk tersangka Harun hingga kini belum diketahui keberadaannya.



Sumber: Suara Pembaruan